Berat Badan Menentukan Kelancaran Proses Melahirkan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 22 Sep 2016 12:07 WIB
kesehatan
Berat Badan Menentukan Kelancaran Proses Melahirkan
(Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan, berat badan ibu hamil (bumil) berpengaruh terhadap proses persalinan.

Zeni Koutsi, seorang bidan sekaligus peneliti menjelaskan, bumil  dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) 25 atau lebih rata-rata memiliki waktu 80 hingga 105 menit lebih lama untuk melahirkan, dibandingkan bumil dengan berat badan normal.

BMI yang tinggi, tambah Zeni, membuat rahim tak mampu berkontraksi secara efisien selama persalinan. Alhasil, leher rahim tak bisa membuka secara lebar sehingga bayi pun sulit keluar.

Jika terjadi demikian, maka pilihannya adalah persalinan caesar.

Dilansir Baby Center, Kamis (22/9/2016), olahraga teratur mampu menjaga berat badan ibu selama kehamilan. Anda bisa mencoba senam hamil, atau berenang.

Jika tak sempat berolahraga, usahakan tetap aktif dengan melakukan aktivitas sederhana seperti jalan santai atau menyapu.

(Baca: 10 Tips agar Bisa Melahirkan secara Normal)

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menghadiri kelas antenatal menjelang kelahiran. Pelatih akan menjelaskan bagaimana posisi yang bisa mempercepat, dan mengurangi rasa sakit selama proses kelahiran.

Anda juga bisa menyewa Doula, pelatih profesional sebagai pendukung menjelang proses persalinan. Mereka nantinya akan memberi dukungan kepada ibu pada sebelum, selama, dan sesudah proses kelahiran.


Doula juga akan mengajarkan proses mengatur pernapasan, teknik gerakan, dan posisi relaksasi. Tetap gesit selam proses kelahiran juga penting. Jangan lupa, tanamkan pikiran positif bahwa Anda pasti bisa menjalani proses melahirkan normal.


Lihat Video: Tips Puasa untuk Ibu Hamil dan Menyusui





(DEV)