Mengatasi Anak yang Lebih Suka Minum Susu Daripada Makan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 28 Sep 2016 08:00 WIB
kesehatan anak
Mengatasi Anak yang Lebih Suka Minum Susu Daripada Makan
(Foto: Livestrong)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nutrisi yang lengkap adalah hal krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk anak usia 1-4 tahun, memberikan nutrisi yang lengkap bukanlah hal yang mudah.

"Pada usia ini, anak memang kebanyakan picky eater (pilih-pilih makanan). Bahkan mereka juga terlalu sibuk bermain hingga tak fokus makan," terang psikolog Anna Surti Ariani Saat ditemui di Jakarta, Selasa (27/9/2016).

Pola pengasuhan sebenarnya juga turut memengaruhi hal tersebut. Terlalu sering memberi susu atau camilan pada waktu yang tidak tepat membuat anak merasa tidak lapar.

"Seharusnya, sejak mulai diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) anak sudah mulai dibiasakan memiliki pola makan, kalau bisa sama dengan pola makan orangtuanya. Jadi dia bisa tahu kapan mulai lapar," terangnya.

Ia menjelaskan, susu memang masih diperlukan anak untuk menambah kalsium, namun sebaiknya tak dijadikan sebagai menu utama melainkan pelengkap saja.

"Bila orang tua ingin memberikan susu, sebaiknya 1-2 jam sebelum makan berat sehingga anak merasa lapar saat jam makan," sarannya


(DEV)