5 Makanan Pemicu Radang

Torie Natalova    •    Rabu, 28 Sep 2016 09:50 WIB
tips kesehatan
5 Makanan Pemicu Radang
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Peradangan bisa memicu munculnya beberapa penyakit, seperti jantung, kanker, dan alzheimer.

Tubuh sebenarnya bergantung pada peradangan sementara yang tugasnya membantu tubuh melawan cedera dan infeksi yang datang tiba-tiba.

Namun, menurut pakar nutrisi dan dermatologis Nicholas Perricoe, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel normal ketika terjadi peradangan kronis. Kondisi ini membuat proses yang biasanya menyembuhkan justru bisa menghancurkan sistem tubuh yang normal.

Radang rupanya bisa dipicu oleh beberapa makanan yang selama ini tidak pernah diduga. Berikut, seperti dilansir Well and Good.

1. Kacang

Seperti susu, kacang juga alergen yang paling umum dan seringkali memicu respons peradangan. Selain itu, kacang rentan terhadap jamur yang juga bisa menyebabkan reaksi inflamasi. Jika Anda ingin konsumsi kacang, pilihlah kacang almond organik
atau kacang dari pohon lainnya.

2. Barley dan rye

Rye dan barley merupakan biji-bijian gandum yang sehat dan tidak menyebabkan kenaikan gula darah seperti memakan nasi. Namun, pada beberapa orang, kedua jenis gandum ini bisa memicu peradangan. Gluten pada gandum bisa memicu penyakit terutama jika

Anda sensitif terhadap gluten dan memiliki penyakit celiac (gangguan pencernaan akibat konsumsi gluten).

3. Frozen yoghurt

Frozen yoghurt memiliki dua potensi penyebab peradangan yakni gula dan susu. Susu dapat meningkatkan kadar insulin dan hormon laki-laki. Sedangkan susu merupakan alergen yang umum. Ini berarti dapat memicu reaksi inflamasi atau peradangan.

Tetapi, tidak semua yogurt beku dibuat sama. Beberapa yogurt beku mengandung kasein, protein susu yang dapat meningkatkan peradangan. Ada pula yogurt beku yang mengandung probiotik tertentu yang benar-benar bisa mengurangi radang.
Sebaiknya, cermat memilih yogurt sebelum dikonsumsi.

4. Campuran bumbu-bumbu masakan

Saat memasak, penting untuk menggunakan dan mencampur beragam jenis bumbu untuk menambah kelezatan makanan. Hati-hati terhadap bumbu yang mengandung pewarna buatan karena dapat mengganggu fungsi hormon dan menyebabkan peradangan.

Untuk mendapatkan rasa yang sama tanpa harus mencampur bumbu, cobalah menambahkan lebih banyak cabai, garam laut, lada dan cuka sari apel yang Anda buat sendiri.


(DEV)