Mendengarkan Musik Dapat Mengurangi Risiko Terkena Demensia

Agustinus Shindu Alpito    •    Rabu, 18 Oct 2017 16:16 WIB
demensia
Mendengarkan Musik Dapat Mengurangi Risiko Terkena Demensia
Mendengarkan Musik Dapat Mengurangi Risiko Terkena Demensia (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Musik tidak hanya berdampak pada mood Anda. Sebuah studi ilmiah membuktikan bahwa musik memberi pengaruh positif terhadap orang yang mengalami demensia.

“Mendengarkan musik bagi ODD (Orang Dengan Demensia) membuat suasana hati lebih tenang dan merangsang interaksi positif, memfasilitasi fungsi kognitif dan mengkoordinasikan gerakan motorik,” ujar DY Suharya, Direktur Regional Alzheimer’s Disease International, seperti tertulis dalam keterangan pers yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (18/10/2017).

Menariknya, Direktur Eksekutif Alzheimer’s Indonesia, Sakurayuki mengatakan bahwa musik juga dapat mengurangi risiko terkena demensia bagi anak muda.

“Sementara bagi anak muda dan lansia yang tidak terkena demensia, mendengarkan musik dapat mengurangi risiko demensia di masa yang akan datang karena mengurangi risiko depresi,” kata Sakurayuki.

6 Gejala Demensia

Alzheimer’s Indonesia berkolaborasi dengan Alumni Paragita Universitas Indonesia mengadakan konser amal bertajuk Remember Me Charity Concert. Konser ini akan digelar di Erasmus Huis, Jakarta, pada Sabtu, 21 Oktober 2017. Sejumlah musisi yang terlibat antara lain Aning Katamsi, Amoroso Katamsi, Andi Rianto, Dewi Lestari, Farman Purnama Disciples Voice dan Paduan Suara Mahasiswa Paragita UI serta alumni Paragita UI.



Seluruh hasil penjualan tiket konser ini akan disumbangkan melalui Alzheimer Indonesia untuk kebutuhan peningkatan kualitas hidup ODD dan pendampingnya.


 


(ELG)