Bahan-bahan Alami Ini Sebaiknya Tidak Langsung Dipakai pada Wajah

Raka Lestari    •    Kamis, 16 Nov 2017 17:08 WIB
Bahan-bahan Alami Ini Sebaiknya Tidak Langsung Dipakai pada Wajah
Menurut Gohara, seperti juga baking soda, kayu manis dapat mengubah pH kulit Anda, menyebabkan cairan pada kulit cepat menguap, sehingga bakteri bisa masuk. (Foto: Joanna Kosinska/Unsplash.com)

Jakarta: Akhir-akhir ini banyak orang yang menganggap bahwa bahan makanan bisa juga digunakan untuk kulit Anda. Bukan berarti karena Anda bisa menaburkan kayu manis ke dalam oatmeal Anda atau bisa memercikkan lemon ke dalam air, itu berarti cocok juga untuk kulit Anda.

Menurut Gohara, M.D., seorang dermatologis dari Danbury mengatakan, "Faktanya banyak orang melakukan kesalahan saat melakukan perawatan alami ala rumahan untuk menghilangkan jerawat, mencerahkan bintik hitam, mengurangi minyak. Hal tersebut justru malah bisa menjadi bumerang jika tidak melakukannya dengan benar."
 
Berikut ini adalah bahan-bahan yang tidak boleh langsung diaplikasikan pada kulit Anda:

(Baca juga: 6 Buah Ini Juga Bisa Dijadikan Masker Wajah)


(Jus Lemon. Foto: Girliehealth)

1. Jus Lemon
Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda bisa mengoleskan jus lemon secara langsung ke kulit Anda sebagai toner, obat jerawat, atau sebagai pencerah untuk menghilangkan noda gelap. "Ini tidak baik untuk digunakan," ujar Gohara. "Lemon bersifat asam dan bisa mengubah pH kulit Anda, membuatnya mudah meradang," tambahnya.


(Mayonaise. Foto: Digital Trends)

2. Mayones
Mungkin Anda pernah mendengar bahwa mengoleskan mayones dapat membuat kulit Anda yang kering menjadi lembap. Namun menurut Gohara, menggosok-gosokkan mayones ke dalam kulit Anda justru malah dapat menyumbat pori-pori Anda.


(Baking Soda. Foto: Dr. Axe)

3. Baking Soda
Mungkin ada yang mengatakan bahwa mencampur baking soda dengan madu dapat berfungsi sebagai penangkal jerawat atau bisa dijadikan sebagai scrub. Menurut Gohara, baking soda yang bersifat alkali mengubah pH kulit, Anda bisa mengurangi lapisan kulit terluar Anda yang mengundang bakteri-bakteri yang menjijikkan lainnya.


(Kayu manis. Foto: Foto: Erwan Hesry/Unsplash.com)

4. Kayu manis
Menurut Gohara, seperti juga baking soda, kayu manis dapat mengubah pH kulit Anda, menyebabkan cairan pada kulit cepat menguap, sehingga bakteri bisa masuk.









(TIN)