Manfaat Mengounsumsi Pasta bagi Kesehatan

Raka Lestari    •    Selasa, 13 Feb 2018 13:38 WIB
kesehatan
Manfaat Mengounsumsi Pasta bagi Kesehatan
Pada data dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi pasta memiliki kadar folat, besi, magnesium, dan serat makanan yang lebih tinggi yang berperan penting bagi kesehatan. (Foto: Ellie O/Unspl

Jakarta: Bagi Anda para pecinta pasta ada kabar gembira untuk Anda. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa jenis karbohidrat yang sering dijauhi oleh para pelaku diet sebenarnya bisa sangat baik untuk Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh National Pasta Association bahwa mereka yang mengonsumsi pasta secara rutin cenderung mendapatkan asupan vitamin dan mineral penting dibandingkan yang tidak rutin mengonsumsi pasta. 

Studi tersebut meneliti data yang berasal dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES). Data tersebut melihat kualitas makanan orang dewasa di Amerika Serikat berusia 19 tahun ke atas dari tahun 2001-2012. 

Pada data tersebut menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi pasta memiliki kadar folat, besi, magnesium, dan serat makanan yang lebih tinggi yang berperan penting bagi kesehatan. Selain itu, pemakan pasta juga terbukti memiliki asupan lemak jenuh dan gula tambahan yang lebih rendah, dua faktor yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.


(Pada data dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi pasta memiliki kadar folat, besi, magnesium, dan serat makanan yang lebih tinggi yang berperan penting bagi kesehatan. Foto: Vita Marija Murenaite/Unsplash.com)

(Baca juga: Tips Memilih Pasta Berkualitas)

Diane Welland, ahli gizi terdaftar dan Manajer Komunikasi Gizi untuk National Pasta Association mengatakan, "Pasta bisa menjadi perantara yang efektif untuk nutrisi yang baik, karena pada pasta biasanya mengandung buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, ikan dan kacang-kacangan."

Ia juga menambahkan pentingnya nutrisi dari biji-bijian, seperti pasta yang berasal dari gandum, yang sesuai dengan pola makan yang sehat. 

Ini menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi pasta memiliki makanan dengan kualitas yang lebih baik daripada mereka yang tidak makan pasta. Namun, perlu diingat bahwa kita cenderung makan banyak pasta dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang kita butuhkan. Ukuran yang sehat dalam mengonsumsi pasta adalah seukuran bola tenis. 









(TIN)