Ragam Manfaat Olahan Kolang-Kaling

Yatin Suleha    •    Sabtu, 09 Jun 2018 21:52 WIB
kesehatan
Ragam Manfaat Olahan Kolang-Kaling
Kolang-kaling kaya akan kandungan serat dan vitamin C. (Foto: Will Cornfield/Unsplash.com)

Jakarta: Siapa yang tak mengenal kolang-kaling. Salah satu santapan tradisional yang populer saat bulan Ramadan ini terbukati kaya akan kandungan serat dan vitamin C. 

Selama ini, kolang-kaling sudah menjadi santapan tradisional yang populer di waktu sahur dan berbuka, terutama karena rasanya enak dan menyegarkan.

Bahkan, saking populernya buah khas Indonesia ini, penjualan kolang-kaling bisa melejit hingga 100 persen di bulan Ramadan. 

Kolang-kaling banyak ditemukan di berbagai pasar tradisional yang tersebar di Indonesia, biasanya dijual dalam bentuk es buah atau manisan. Namun, menurut Mustika Ratu, ternyata kolang-kaling tak hanya sekadar sajian manis biasa.

(Baca juga: Kolang-Kaling dan Cincau Laris Manis Selama Ramadan)

“Penelitian kami menunjukkan bahwa selain rasanya yang enak dan segar, kolang-kaling memiliki kandungan nutrisi berlimpah, mulai dari serat hingga vitamin C,” ungkap Tika Sumarya, Junior Product Manager dari Kolang-Kaling Mustika Ratu. 

Untuk itu Mustika Ratu mengeluarkan terobosan minuman segar berbahan kolang-kaling.

Tika juga menerangkan bahwa kolang-kaling, yang berasal dari pohon aren (Arenga Pinnata) memiliki beragam manfaat positif bagi tubuh kita.

"Nutrisi yang terdapat di dalamnya membantu tubuh untuk tetap fit dan sehat, walaupun pola makan kita berubah di bulan puasa," sebutnya lagi.

“Kolang-kaling pada umumnya kaya akan kandungan serat pangan larut yang dapat membantu memertahankan dan memelihara saluran pencernaan. Vitamin C sangat penting untuk pembentukan dan memelihara jaringan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi kolang-kaling saat sahur dan berbuka puasa bisa membantu kita untuk tetap aktif beraktivitas dan selalu fit selama bulan Ramadan,” ungkap Tika.  




(TIN)