Menaruh Ponsel di Saku Celana Turunkan Kualitas Sperma

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 04 Oct 2018 11:49 WIB
kesehatan reproduksi
Menaruh Ponsel di Saku Celana Turunkan Kualitas Sperma
(Foto: Medical News Today)

Jakarta: Beberapa kebiasaan tanpa disadari dapat menurunkan kualitas organ penting dalam tubuh, termasuk sperma. Jika terus dilanjutkan, maka bisa memicu infetilitas. 

Berikut adalah enam kesalahan keseharian yang dpaat membahayakan kualitas sperma. 

1. Menggunakan pakaian dalam ketat

Sebuah studi dalam jurnal Human Reproduction menyebutkan bahwa pria yang menggunakan pakaian dalam longgar memiliki konsentrasi sperma lebih tinggi dibandingkan mereka yang menggunakan pakaian dalam ketat. 

Mengenakan pakaian dalam ketat meningkatkan suhu di sekitar daerah selangkangan tempat skrotum berada. Inilah mengapa jumlah sperma bisa menurun. 

2. Kurang tidur

Dr Sanjay Kumawat, Konsultan Psikiater dan Sexolog dari Fortis Mulund menjelaskan bahwa penting untuk tidur selama 6-7 jam setiap malam. Stres yang disebabkan karena kurangnya pengeluaran glukokortikoid, hormon yang menekan kadar Testosteron, dapat menyebabkan kualitas sperma menjadi buruk.

3. Meletakkan ponsel di saku celana

Kantung di pakaian memang dirancang untuk menyimpan sesuatu, tetapi bukan ponsel. Kebiasaan menyimpan ponsel di kantung celana dapat menghambat kesuburan. Sebuah penelitian menemukan bahwa radiasi yang dipancarkan dari ponsel dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma. Selain itu, panas dari ponsel dapat meningkatkan suhu di dalam skrotum dan menurunkan kualitas sperma.

4. Menempatkan laptop di pangkuan 

Banyak orang melakukan kebiasaan ini. Ketika menempatkan laptop di pangkuan, panas dari laptop mempengaruhi suhu testis yang terletak di luar tubuh, yang seharusnya menjaga suhu testis tetap bagus. Akibatnya, kesuburan dapat terganggu. 

5. Mengonsumsi suplemen kesehatan (kelebihan)

Menurut Dr Kumawat, sebagian besar suplemen kesehatan mengandung Androgen atau hormon laki-laki. Apa pun yang membantu membangun otot dengan meningkatkan kadar testosteron, dapat merusak sperma.

6. Terlalu banyak mengonsumsi kedelai 

Kedelai adalah makanan yang sangat baik untuk meningkatkan produksi hormon wanita, tetapi di satu sisi, mengurangi hormon pria dalam tubuh. 

Lihat video: 




(DEV)