Menyembuhkan Kecemasan dengan Pola Makan Sehat

Raka Lestari    •    Minggu, 03 Jun 2018 18:13 WIB
kesehatan mental
Menyembuhkan Kecemasan dengan Pola Makan Sehat
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Gangguan kecemasan merupakan penyakit mental yang paling umum diderita warga Amerika Serikat yang memengaruhi 40 juta orang dewasa, menurut data Anxiety and Depression Association of America.

Banyak yang menanganinya dengan obat-obatan. Namun, beberapa ahli juga menyarankan untuk mencoba pendekatan yang lebih sederhana dan aman.

Menurut Dr Uma Naidoo, director of nutritional and lifestyle psychiatry di Massachusetts General Hospital dan instruktur psikiatri di Harvard Medical School, makanan yang tepat dapat menurunkan tingkat kecemasan Anda.

Untuk merasa nyaman, seseorang membutuhkan keseimbangan bahan kimia pada otak. Ketidakseimbangan neurotransmiter, seperti serotonin dan GABA antara hormon stres dan hormon rangsang dapat menyebabkan kecemasan. Makanan tertentu seperti gula dan makanan olahan menyebabkan peningkatan bahan kimia otak yang tidak membantu kita merasa lebih baik, kata Naidoo.

Naidoo juga menyarankan pasiennya untuk mempelajari beberapa resep sederhana seperti menambahkan saus tomat untuk membantu mengontrol bahan dan mengurangi gula ekstra. Dia juga menambahkan, bahwa daripada minum jus jeruk, lebih baik makan buah asli yang mengandung serat dan nutrisi lengkap.

Selain itu, Anda juga bisa memilih karbohidrat kompleks seperti oatmeal, quinoa, dan ubi jalar yang mampu dicerna lebih lambat di dalam tubuh untuk gula darah yang stabil. Dengan demikian, Anda akan mengalami perasaan yang lebih tenang secara psikologis.

Makanan kaya magnesium, seng, asam lemak omega-3, dan vitamin B dapat membantu meredakan kecemasan.

Berikut daftar makanan yang sebaiknya Anda konsumsi.

Sumber magnesium

Sayuran hijau, kacang polong, kacang, biji-bijian dan gandum utuh.

Sumber seng

Tiram, kacang mete, daging sapi, dan kuning telur.

Sumber asam lemak Omega-3

Ikan berlemak air dingin, seperti salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden.

Sumber vitamin B

Alpukat dan almond.




(DEV)