Lima Kebiasaan Baik untuk Melawan Stres

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 20 Jul 2018 12:52 WIB
stres
Lima Kebiasaan Baik untuk Melawan Stres
Berolahraga memiliki banyak manfaat seperti melepaskan endorfin dan menenangkan pikiran. (Foto: Bady Qb/Unsplash.com)

Jakarta: Stres dalam pekerjaan adalah gangguan yang cukup sering dialami banyak orang. Ini adalah respons alami tubuh terhadap tekanan yang menyebabkan berbagai efek negatif pada tubuh. 

Namun, bukan berarti stres tak bisa dihilangkan. Berikut adalah beberapa metode alami redakan stres menurut Dr Hariprasad, Ahli Ayurveda di Perusahaan Obat Himalaya. 

1. Aktivitas fisik
Semua bentuk aktivitas fisik berguna dalam mengelola stres. Berolahraga memiliki banyak manfaat seperti melepaskan endorfin dan menenangkan pikiran, termasuk mengurangi tingkat stres. Aktivitas fisik selama 45 menit dapat membantu perasaan menjadi lebih baik. 

2. Mengatur hidup 
Salah satu cara untuk melawan stres adalah dengan mengadopsi manajemen waktu yang baik, dengan memprioritaskan tugas dan menjadwalkan waktu untuk menyelesaikannya.

Beralih ke tugas lain dan membiarkan tugas sebelumnya menumpuk sering menjadi sumber stres tambahan. Desentralisasi tugas atau meminta bantuan jika diperlukan juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi tingkat stres.


(Tidur sangat penting dalam manajemen stres. Kurang tidur biasanya menyebabkan Anda lekas marah dan kelelahan. Foto: Kinga Cichewicz/Unsplash.com)

(Baca juga: Tanda-tanda Stres Sudah di Luar Kendali)

3. Konsumsi herbal
Herbal seperti Ashvagandha (ginseng India) telah terbukti efektif dalam mengelola efek negatif dari stres. Menurut teks Ayurveda dan penelitian modern, Ashvagandha membantu mengurangi efek merusak dari stres jangka panjang dengan meremajakan pikiran dan tubuh. 

Herbal tersebut adalah adaptogen yang membantu tubuh menstabilkan proses fisiologis, menjaga keseimbangan yang sehat antara sistem biologis yang berbeda, dan mendukung ketahanan yang lebih baik terhadap stres.

4. Makan makanan yang tepat
Kebiasaan makan memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat stres. Mengikuti diet sehat dengan keseimbangan yang baik dari kelompok makanan yang berbeda dan semua nutrisi yang dibutuhkan sangat penting. 

Diet kelompok makanan yang berbeda seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu, ikan, dan unggas akan membantu mendapatkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang tubuh butuhkan. Tubuh yang bergizi baik lebih mampu mengatasi pengaruh fisik dan emosional dari stres.

5. Cukup tidur
Tidur sangat penting dalam manajemen stres. Kurang tidur biasanya menyebabkan Anda lekas marah dan kelelahan. Di satu sisi, tidur terlalu lama dapat membuat tubuh menjadi lamban, depresi, dan menempatkan kesehatan kita pada risiko yang lebih tinggi. Mendapatkan jumlah tidur yang tepat, antara 7-8 jam, adalah cara yang baik untuk tetap berenergi dan secara efektif mengelola tekanan hari itu.




(TIN)