Ini Alasan Kenapa Kacang Mede Termasuk Camilan Sehat bagi Bumil

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 16 Jul 2018 16:35 WIB
kehamilan
Ini Alasan Kenapa Kacang Mede Termasuk Camilan Sehat bagi Bumil
(Foto: Healthline)

Jakarta: Ada banyak camilan sehat yang bisa dikonsumsi ibu hamil, salah satunya kacang mede. Dilansir dari Livestrong, ini kandungan yang terdapat dalam kacang mede sehingga baik untuk camilan Anda sehari-hari.

1. Makronutrien

Kacang mede mengandung lemak dan protein sehat. Setiap ons kacang mede mengandung 4,3 gram protein dan 13 gram lemak sehat yang baik untuk menurunkan kolesterol.

2. Zat besi

Kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat berdampak pada keguguran dan cacat bayi. Selain hati ayam dan bayam, kandungan zat besi dapat diperoleh dari kacang mede.

3. Vitamin K

Vitamin K membantu pembekuan darah lebih cepat ketika Anda terluka. Adapun kandungan vitamin K dalam kacang mede adalah 9,8 mcg per ons. Dokter juga akan menganjurkan penambahan asupan vitamin K pada bumil untuk mencegah pendarahan saat persalinan.

4. Meningkatkan zat tembaga

Tembaga berperan penting menjaga kesehatan darah, perkembangan pembuluh darah janin, dan jantungnya. Untuk mendapat manfaat ini, disarankan mengonsumsi 1 mg kacang mede per hari.

Perlu diketahui bahwa meskipun kacang mede memiliki banyak manfaat, tetap bisa memberi dampak bahaya pada tubuh bila dikonsumsi berlebihan. Seperti diketahui, kacang mede termasuk makanan berkalori tinggi. Jangan pula makan kacang mede mentah karena mengandung urushiol atau minyak beracun yang membuat kulit gatal.       


Lihat video:

              


(DEV)