Selain Insomia, Ini Akibatnya jika Anda Kekurangan Vitamin C

Raka Lestari    •    Rabu, 30 May 2018 14:52 WIB
tips kesehatan
Selain Insomia, Ini Akibatnya jika Anda Kekurangan Vitamin C
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Vitamin C merupakan salah satu gizi mikronutrien yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Itu sebabnya, Anda akan mengalami banyak gangguan kesehatan jika kekurangan vitamin ini.

Tak hanya sariawan dan mudah sakit, gangguan kesehatan ini dapat menjumpai Anda jika kekurangan asupan vitamin C. 

1. Kulit kering

Kekurangan vitamin C dapat memengaruhi kesegaran kulit. Selain makan sayur dan buah yang cukup, pilih tabir surya yang mengandung vitamin C. 

2. Memar

Menurut laporan Reader's Digest, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan tubuh mudah memar. Jika Anda tidak mendapat cukup vitamin C, produksi kolagen melambat, dan dinding pembuluh darah Anda menjadi lemah sehingga terjadilah memar. 

3. Kebersihan mulut terganggu

Dilansir dari Healthline, kurang vitamin C rentan menyebabkan gangguan mulut seperti gusi berdarah.

4. Insomnia

Lisa Samuels, RD, pendiri The Happie House mengatakan salah satu tanda kekurangan vitamin C yang paling awal adalah "kelelahan yang tak dapat dijelaskan," dan itu terjadi karena vitamin C tidak mencukupi untuk menyokong energi Anda. 

5. Mudah marah

Menurut Mayo Clinic, ada penelitian yang menunjukkan vitamin C bisa menjadi penguat suasana hati. Bahkan pada studi tersebut hasilnya menunjukkan bahwa lebih banyak vitamin C dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. 




(DEV)