7 Tanda Keracunan Merkuri dari Ikan Laut

Torie Natalova    •    Kamis, 31 May 2018 10:28 WIB
tips kesehatan
7 Tanda Keracunan Merkuri dari Ikan Laut
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Terkadang mengonsumsi ikan menjadi dilema. Di satu sisi, ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga baik untuk jantung dan otak. Di sisi lain, banyak ikan tercemar merkuri yang dampaknya juga berbahaya bagi tubuh. 

Sayangnya, merkuri pada ikan tidak bisa dideteksi dengan mudah. Merkuri adalah logam berat yang secara alami ditemukan di kerak bumi. Merkuri dalam bentuk organiknya tidak berbahaya. 

Masalah muncul ketika dipecah oleh bakteri menjadi methylmercury, yakni bentuk makanan yang berbahaya dari merkuri. Ini umumnya ditemukan dalam jenis ikan dan kerang tertentu seperti hiu, king mackerel, tuna, dan todak.

Paparan kronis methylmercury jangka panjang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius. Gejala keracunan merkuri yang harus Anda ketahui seperti berikut, dilansir dari Women's Health.

1. Perkembangan bayi terlambat

Methylmercury sangat berbahaya bagi janin. Itu sebabnya wanita hamil harus hati-hati dengan jenis ikan yang mereka makan. Meski ibu tidak mengalami gejala keracunan, bayinya mungkin mengalami kerusakan otak karena paparan tinggi merkuri.

2. Masalah kognitif

Orang-orang dengan tingkat merkuri tingglebih mungkin mengalami masalah pada ingatan. Mereka juga biasanya lebih mudah marah.

3. Keterampilan motorik terganggu

Ini dapat termasuk tremor (gemetar yang tak terkendali), kurangnya koordinasi atau ketidakmampuan berjalan, kelemahan otot, dan sensasi mati rasa.

4. Sesak napas

Karena keracunan di paru-paru, Anda mungkin mengalami kesulitan bernapas atau sesak napas.

5. Gejala neurologis

Paparan terhadap unsur merkuri yang terhirup dari uap dapat mempengaruhi fungsi otak dan sistem saraf, sakit kepala, insomnia, dan fungsi kognitif yang buruk.

6. Masalah mulut

Jika terhirup atau tertelan, unsur merkuri dapat menyebabkan rasa logam di mulut atau bengkak.

7. Kegagalan organ

Pada kasus yang parah, keracunan merkuri dapat mengakibatkan kegagalan organ sistemik yang dapat sebabkan kematian.

Lihat video:




(DEV)