4 Mitos tentang Rambut Bayi yang Sebaiknya Tidak Dipercaya

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Jun 2018 07:00 WIB
tumbuh kembang bayi
4 Mitos tentang Rambut Bayi yang Sebaiknya Tidak Dipercaya
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Memiliki bayi yang baru lahir dengan rambut yang tebal dan sehat tentu akan sangat menggemaskan. Berbagai cara dilakukan oleh para ibu agar bayinya lahir dengan rambut yang tebal. Termasuk memercayai mitos agar bayi lahir dengan rambut yang tebal. 

Dikutip dari Romper, berikut ini adalah beberapa mitos yang mengatakan bahwa bayi Anda akan lahir dengan rambut yang tebal. tetapi sebaiknya tak usah dipercaya.

1. Rasa panas di dalam perut

Fit Pregnancy melaporkan bahwa penelitian di Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore, Amerika Serikat menemukan bahwa ketika wanita hamil mengalami rasa mulas di perut mereka dalam skala sedang, 82 persen dari mereka melahirkan bayi dengan rambut yang tebal dan banya, sedangkan wanita yang tidak mengalami rasa mulas di perutnya cenderung melahirkan bayi dengan rambut yang sedikit. 

2. Mencukur rambut bayi membuat pertumbuhannya jadi lebih sehat

Mitos bahwa mencukur kepala bayi akan menghasilkan rambut yang tumbuh kembali lebih tebal, penuh, dan sehat cukup populer di Asia. "Kita semua dilahirkan dengan folikel rambut yang sudah ditentukan oleh genetika, folikel menentukan berapa banyak dan jenis rambut apa yang akan kita miliki. Jumlah folikel ini tidak dapat diubah entah itu dengan mencukur si kecil atau tidak," ujar Leonica Kei, trichologist dari Singapura.

3. Wortel atau pinggiran roti membuat rambut anak menjadi keriting

Setelah bayi Anda mencapai usia 6 bulan dan mampu mencerna beberapa makanan padat, Anda mungkin mendengar bahwa memberi makan wortel atau pinggiran roti bisa membuat rambut mereka keriting. Menurut penelitian dari Universitas Utah, bagian pinggir roti memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan bagian roti lain dan tidak berpengaruh sama sekali terhadap rambut bayi. 

4. Mencuci rambut bayi sesering mungkin

Mencuci rambut bayi terlalu sering justru akan menghilangkan minyak alami yang terdapat pada rambut anak, membuatnya keriting, dan kering. 




(DEV)