Sudah Pakai Deodoran, Kok Masih Bau Badan?

Torie Natalova    •    Senin, 17 Oct 2016 09:00 WIB
tips kesehatan
Sudah Pakai Deodoran, Kok Masih Bau Badan?
(Foto: Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Deodoran berfungsi mencegah berkembangnya bakteri pada ketiak sehingga tidak menimbulkan bau tak sedap.

Namun, ada kalanya sudah pakai deodoran, tetapi ketiak masih mengeluarkan aroma tak sedap dan terasa gatal.

Apa penyebabnya?

Menurut ahli bedah kosmetik Mark Malek MD, ketika deodoran membuat ketiak gatal dan juga bau, bisa jadi ada kesalahan, apakah itu salah dalam menggunakan, atau memilih jenis deodoran.

Masih menurut Malek, ada kesalahpahaman yang sejak lama terjadi, yakni deodoran tidak benar-benar memblokir keringat. Deodoran dan antiperspirant adalah dua produk yang berbeda. Deodoran digunakan untuk mengatasi bau, sedangkan antiperspirant mengandung aluminium klorida, bahan yang digunakan untuk mengatasi mengatasi keringat.

Selain salah memilih jenis deodoran, ada empat kesalahan lain penggunaan deodoran yang menyebabkan bau atau gatal seperti berikut.

1. Memakai deodoran pada waktu yang salah

Deodorant dapat dipakai setiap saat sepanjang hari. Namun pada malam hari, lebih disarankan menggunakan antiperspirant karena keringat yang keluar tidak terlalu banyak. Antiperspirant bekerja mengikat keringat sebelum keluar terlalu banyak.

2. Terlalu sedikit memakai deodoran

Terkadang, satu usapan deodoran saja tidak cukup untuk mengatasi bau dan keringat. Untuk Anda yang berkeringat terlalu banyak, disarankan untuk memilih antiperspirant ketimbang deodoran.

3. Tidak pernah mengganti produk dan jenis deodoran

Bila ketiak Anda tetap berkeringat dan mengeluarkan bau, bisa jadi kesalahan terdapat pada pemilihan jenis deodoran. Jika sudah menggantnya tetapi masih juga mengeluarkan banyak keringat, beralihlah ke  antiperspirant sebelum kulit ketiak menolak seluruh produk karena bakteri yang berkembang sudah kebal.

4. Memakai deodorant dengan pewangi

Ketiak gatal bisa disebabkan oleh deodoran yang mengandung parfum. Deodoran dengan pewangi dapat mengiritasi kulit. Sebelum mencoba deodoran beraroma pada ketiak, cobalah tes di bagian lengan Anda. Namun, demi keamanan Anda pilihlah deodoran tanpa pewangi.


 


(DEV)