Saat Gigi si Kecil Mulai Tumbuh

Yatin Suleha    •    Senin, 14 Nov 2016 12:13 WIB
kesehatan anak
Saat Gigi si Kecil Mulai Tumbuh
Dr. Altmann menyarankan bahwa sebaiknya ketika si kecil tumbuh gigi berikan acetaminophen sebelum tidur untuk membantu mengurangi sakitnya. (Foto: Smileagainnow.files.wordpress)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bukan hanya Anda, si kecil juga akan merasakan hal yang sama, saat gigi mulai menyembul keluar. Saat sakit melanda, untuk si kecil sebaiknya Anda tidak langsung memberikannya sembarang obat. 

Mengapa demikian? Hal ini karena menurut FDA (Food and Drug Administration), Amerika telah memperingatkan bahwa obat pereda sakit gigi sering mengandung benzocaine, obat bius lokal yang ampuh. Selain bahan tersebut, bahan lain yang dilarang digunakan adalah lidocaine, sejenis obat bius untuk gigi.

(Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk Anak yang Merusak Gigi)

Tanya Remer Altmann, MD, penulis "Mommy Calls" menyarankan agar orangtua tidak perlu panik saat si kecil tumbuh gigi. Tanya memberikan beberapa tipsnya, antara lain: 

1. Tempelkan ring teething yang sudah Anda cuci dengan sabun, air mengalir dan air hangat, lalu masukkan beberapa saat ke dalam lemari es. Berikan pada si kecil untuk digigit.

2. Anda bisa juga memberikan pijatan ringan, yaitu dengan cara perlahan gosok gusi bayi dengan jari yang bersih, lipat kecil kain bersih atau kain kasa.

3. Dr. Altmann lebih menyarankan bahwa sebaiknya ketika si kecil tumbuh gigi berikan acetaminophen sebelum tidur untuk membantu mengurangi sakitnya. Tidak ada salahnya juga ketika Anda ingin membawa si kecil ke dokter gigi anak.







(TIN)