Amankah Mengunyah Hanya Pada Satu Sisi Mulut?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 02 Nov 2016 11:09 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Amankah Mengunyah Hanya Pada Satu Sisi Mulut?
Pada bagian yang tidak biasa mengunyah akan muncul banyak karang gigi dan itu adalah awal dari gigi berlubang. (Foto: Rush.edu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebiasaan mengunyah hanya pada satu sisi mulut bukanlah hal yang aneh bagi beberapa jenis orang. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut ternyata dapat menimbulkan gigi berlubang di area gigi sebaliknya?

(Baca juga: Apa Penyebab Gigi Sensitif?)

Pada bagian yang tidak biasa mengunyah akan muncul banyak karang gigi dan itu adalah awal dari gigi berlubang.

"Sama seperti barang yang tak dipakai, akan jadi rusak. Ini juga sama, akan tumbuh karang gigi," ujar drg. Udijanto Tedjosasongko, Sp.KGA(K) selaku Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) Pusat memberi perumpamaan dalam acara media gathering 2 Ribu Senyum dengan 3M Clinpro White Varnish, Selasa (1/11/2016).

Seharusnya, terjadi mekanisme penggelontoran air liur saat proses mengunyah pada bagian gigi. Namun, fisiologis tersebut tak terjadi pada daerah mulut yang pasif sehingga karang gigi pun terus bertumbuh dan akhirnya menyebabkan bagian tersebut menjadi banyak karang gigi.

"Makanya banyak orang tak mau membersihkan karang gigi, karena bisa membuat gigi jadi ngiku karena sensitif," tandasnya.

Padahal, tambahnya, karang gigi yang tak dihilangkan dapat memberi dampak yang lebih jauh lagi, hingga ke bagian pernapasan seperti asma atau bahkan menimbulkan alergi bila disebabkan oleh kuman.







(TIN)