Benarkah Dandan Berlebihan Bikin Kulit Remaja Cepat Keriput?

Nia Deviyana    •    Kamis, 19 Oct 2017 19:20 WIB
kecantikan
Benarkah Dandan Berlebihan Bikin Kulit Remaja Cepat Keriput?
(Foto: Momjuction)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berdandan menjadi salah satu cara remaja untuk mendapat perhatian dari lawan jenis atau lingkungannya. Dengan mengenakan make up, penampilan memang menjadi lebih menarik.

Namun, ada anggapan mengenakan make up secara berlebihan dapat membuat kulit remaja terlihat beberapa tahun lebih tua dari usia sebenarnya. Benarkah hal tersebut?

"Hanya mitos. Intinya di perawatan. Kalau habis pakai make up enggak dibersihkan, memang bisa memicu keriput," ujar dr Fitria Amalia Sp.KK yang ditemui usai peluncuran minuman berkolagen Kinohimitsu di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2017).

Beberapa poin juga harus diperhatikan saat membersihkan wajah, seperti air yang digunakan tidak terlalu hangat atau dingin karena bisa tidak maksimal dalam mengangkat kotoran. Begitu juga saat menggosok wajah, lakukan dengan gerakan memutar ke atas.

Fitria juga mengimbau agar tidak lupa menggunakan sunscreen agar wajah terhindar dari efek buruk sinar UV.

"Terpapar sinar matahari walau cuma sebentar tetapi intens, bisa membuat warna kulit tidak rata dan kusam kalau enggak diproteksi dengan sunscreen," tukasnya.

Tanda penuaan yang meliputi keriput, kusam, dan kering bisa terjadi mulai usia 20 tahun, tergantung genetik. Selain faktor internal, faktor eksternal seperti gaya hidup yang buruk, gemar mengonsumsi junk food dan makanan manis, serta tidak berolahraga juga bisa memicu keriput lebih cepat.





(DEV)