Kenali Gejala Kanker Payudara pada Pria

Raka Lestari    •    Minggu, 29 Oct 2017 19:19 WIB
kanker payudara
Kenali Gejala Kanker Payudara pada Pria
(Foto; Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meskipun secara signifikan tidak banyak pria yang didiagnosa menderita kanker dibandingkan wanita, tetap penting untuk menyebarkan kesadaran mengenai tanda-tanda awal kanker payudara sehingga para pria dapat mengalami tindakan untuk menjaga kesehatan.

Berikut ini adalah gejala awal dari kanker payudara pada pria.

Benjolan Payudara

Kebanyakan pria dengan kanker payudara akan melihat benjolan yang keras dan tidak nyeri dan cenderung akan menganggapnya sebagai pecs (otot dada) yang berada di belakang atau di dekat daerah puting susu. "Ini berbeda dengan benjolan payudara yang ditemukan di ginekomastia jinak, atau pembesaran payudara pada pria karena ketidakseimbangan hormon," ujar Brandon Behjatnia, MD, dokter ahli bedah fisik terkenal.

"Ginekomastia biasanya bermanifestasi sebagai massa yang mudah ditekan, dapat bergerak, dan lembut di belakang puting susu." Namun, ia menjelaskan bahwa benjolan yang terkait dengan kanker tidak bergerak atau lunak. Sebaliknya, mereka agak tegas dan tidak mudah bergerak di bawah kulit. Untuk mengetahui apakah benjolan itu bersifat kanker, dibutuhkan pencitraan payudara dan kadang diperlukan biopsi jarum.

Perubahan bentuk atau ukuran payudara

Selain munculnya benjolan di payudara atau daerah dada, pria mungkin akan merasakan adanya perubahan ukuran yang aneh. Perubahan ini mungkin merupakan peningkatan ukuran dari waktu ke waktu atau bahkan dalam semalam, kata Dr. Abdollahi,MD, seorang ahli bedah di The Plastic Surgery Center.

Puting susu berubah

Jika Anda melihat perubahan dalam penampilan, bentuk atau tekstur puting susu Anda, sebaiknya Anda pergi ke dokter karena perubahan puting susu terjadi pada 40 sampai 50 persen kasus kanker payudara pada pria. "Perubahan ini mungkin termasuk pengangkatan puting, atau inversi (di mana putingnya terbalik), kemerahan, penskalaan atau pelepasan," jelas Dr. Behjatnia.

Kulit berubah

Terkadang, gejala awal kanker payudara bisa terjadi perubahan kulit di dada. "Pria dengan kanker payudara dapat mengalami  kemerahan pada kulit atau ruam dan edema, atau akumulasi cairan di jaringan otot dada, yang bisa meniru infeksi," kata Dr. Giordano. Seringkali ruam atau kemerahan halus bisa luput dari perhatian karena pasien mungkin menyebutnya disebabkan oleh gesekan dari aktivitas fisik atau bahkan luka yang tidak disembuhkan.

Payudara atau puting terasa sakit

"Rasa sakit yang berhubungan dengan kanker payudara biasanya bersifat fokal dan terjadi secara terus menerus, tidak berhubungan dengan trauma atau aktivitas fisik," kata Dr.Behjatnia. "Rasa sakit secara dominan terjadi di daerah puting susu." Jika Anda mengalami rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan di daerah puting atau payudara Anda yang tidak hilang setelah beberapa hari, pastikan Anda bertemu dengan dokter Anda.




(DEV)