Merendam Kaki dengan Air Hangat Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 05 Jan 2018 15:14 WIB
kesehatan
Merendam Kaki dengan Air Hangat Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur
Merendam kaki sebelum tidur dapat meningkatkan dan mempertahankan suhu kaki pada mereka yang sulit tidur. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Saat cuaca sedang dingin, meringkuk dalam selimut adalah hal yang sangat nikmat. Namun, bukannya terlelap, justru mengalami insomnia di malam hari saat cuaca dingin. 

Secara ilmiah, suhu inti yang lebih rendah dengan suhu distal (tangan dan kaki) yang lebih tinggi sebelum tidur dapat mempersingkat waktu tidur yang dibutuhkan.

Meski demikian, hal tersebut juga meningkatkan kualitas tidur dan membantu bangun dalam keadaan lebih segar dan bertenaga. 

Sebuah studi tahun 2013 yang dipublikasi dalam International Journal of Nursing Studies mencoba mencari tahu efek dari merendam kaki dengan air hangat bersuhu sekitar 40 derajat celcius selama 20 menit. 


(Merendam kaki sebelum tidur dapat meningkatkan dan mempertahankan suhu kaki pada mereka yang sulit tidur. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Manfaat Refleksi Kaki)

Para peneliti merekam suhu inti, perut, dan kaki para partisipan yang merupakan lansia selama tiga malam berturut-turut. Mereka diskrining untuk melihat adaptasi dan sleep apnea di malam pertama. Pada malam kedua, beberapa dari mereka diminta merendam kaki dan pada malam ketiga tidak melakukannya. 

Sementara, beberapa orang lainnya tidak melakukan mandi kaki di malam kedua dan malam selanjutnya merendam kaki. 

Hasilnya, merendam kaki sebelum tidur dapat meningkatkan dan mempertahankan suhu kaki pada mereka yang sulit tidur. 

Studi tersebut menyimpulkan bahwa merendam kaki dengan suhu 40 derajar celcius selama 20 menit sebelum tidur membantu meningkatkan suhu kaki karena melebarkan pembuluh darah, meningkatkan suhu inti, dan memberikan panas ke tubuh. 










(TIN)