Ini Daftar Makanan yang Mengandung Anti-peradangan

Raka Lestari    •    Selasa, 27 Mar 2018 07:31 WIB
kesehatan
Ini Daftar Makanan yang Mengandung Anti-peradangan
Meyer, direktur science communications dari International Food Information Council Foundation mengatakan bahwa meta-analisis 2016 di jurnal Nature menunjukkan konsumsi berry dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskular. (Foto: Nick Sarro/

Jakarta: Inflamasi dapat berpengaruh cukup banyak pada tubuh Anda, salah satunya adalah bisa membuat bagian tubuh Anda menjadi bengkak.

"Namun, jika sudah sampai terjadi inflamasi secara kronis hal itu akan menyebabkan tubuh Anda menyerang sel-selnya sendiri secara tidak sengaja," kata Ali Webster, R.D., direktur nutrition communications di International Food Information Council. 

Dilansir dari Womenshealthmag.com, inflamasi kronis sering dipicu oleh kenaikan berat badan, stres, dan kondisi genetik.

"Inflamasi kronis dapat berlangsung untuk waktu yang lama, dan dikaitkan dengan kondisi seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, arthiritis rheumatoid, dan inflamasi penyakit usus," kata Megan Meyer, Ph.D., direktur science communications di International Food Information Council Foundation.

Namun untungnya untuk mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan ini bisa dicegah dengan mengonsumsi beberapa makanan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu mencegah inflamasi atau peradangan. 

1. Ikan berlemak 
Salah satu ikan yang mengandung lemak baik adalah salmon. Omega-3 adalah asam lemak pelawan inflamasi yang tidak diproduksi tubuh kita, kata Kelly Springer, seorang ahli pangan. Untungnya, ada banyak jenis ikan berlemak seperti salmon dan tuna.


(Salah satu ikan yang mengandung lemak baik adalah salmon. Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini Alasan Blueberry Disebut Buah Terbaik untuk Kesehatan)

2. Sayuran hijau 
Weber mengatakan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam kaya akan vitamin dan mineral penting, khususnya vitamin K yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Buah berry 
Buah berry memiliki banyak serat dan kaya akan antioksidan. Meyer mengatakan bahwa meta-analisis 2016 di jurnal Nature menunjukkan bahwa konsumsi berry dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskular.

4. Minyak zaitun 
Minyak zaitun mengandung oleocanthal yang telah terbukti dalam penelitian memiliki efek anti-peradangan yang mirip dengan ibuprofen. Webster mengatakan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami dampak dari minyak zaitun pada peradangan. 

5. Teh hijau 
Seiring waktu, tubuh kita menghasilkan radikal bebas karena stres dan pola makan yang buruk, kata Springer. Tetapi teh hijau penuh dengan bahan aktif katekin, antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab inflamasi. 

6. Alpukat
Alpukat juga mengandung omega-3 yang dpaat bersifat anti inflamasi. Dengan mengonsumsi alpukat, Anda bisa memenuhi kebutuhan harian akan omega-3 yang jarang bisa dipenuhi dari makanan lainnya, kata Springer. 








(TIN)