Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Berseri

   •    Kamis, 26 Oct 2017 12:55 WIB
kecantikan
Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Berseri
Ilustrasi. (Foto: Thinkstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cuaca panas tentu menimbulkan masalah tersendiri untuk kulit, terurama di area sekitar wajah. Lalu, bagaimana mendapatkan kembali wajah yang berseri dan sehat setelah mengalami masa panjang di musim panas?

Ahli bedah plastik dan kosmetik elit Dr. Allen Rezan seperti dilansif Gulfnews membagikan tips menjaga kulit tetap berseri meskipun setiap hari terkena cuaca panas.

Angkat sel kulit mati
Jika kulit wajahmu kering dan kusam, itu mungkin menjadi tanda banyak sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Angkat sel kulit mati dengan produk kosmetik yang mengandung alpha hidroxy acid (AHA) untuk mencegah keriput dan efek sinar matahari atau gunakan bahan alami seperti masker yougurt dengan alpukat atau masker pepaya.

"Pengangkatan sel kulit mati selalu menjadi faktor penting untuk membuat kulit selalu bercahaya," katanya, Kamis 26 Oktober 2017.

Hidup sehat
Diet dengan pola makan yang seimbang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Jika Anda bisa membatasi asupan karbohidrat dan konsumsi lebih banyak sayuran hijau dan buah segar setiap hari, manfaatnya akan terlihat secara perlahan. Pola diet seperti ini selain membuat gaya hidupmu seimbang juga memastikan kesehatan tubuhmu tetap terjaga.

Kelola stres
Sebagian orang mungkin memilih melakukan terapin infus intravena untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh untuk mengelola stres. Tetapi membatasi rokok, konsumsi alkohol, dan tidur nyenyak dengan teratur lebih mudah dilakukan untuk dapat membuat tubuh terhindar dari stres.

Pertahankan rutinitas
Semua orang tahu bahwa setidaknya ada satu dari sekian wanita memiliki kulit yang tampak sempurna. Rahasianya sederhana, memiliki kulit sempurna bisa dimulai dengan mempertahankan rutinitas harian.

Meskipun ada ribuan produk kecantikan kulit yang membantu secara efektif, tetapi rutinitas perawatan kulit sehari-hari juga memiliki peran. Waktu terbaik untuk melakukan perawatan kulit adalah setelah Anda keluar dari kamar mandi di pagi hari dan sesaat sebelum tidur.

Hidrasi
Setelah mengalami waktu panjang di musim panas, kulit biasanya terasa lebih kering. Karenanya Anda harus tetap menghidrasi tubuh dari dalam dengan banyak minum minimal delapan gelas sehari.

Meskipun aroma kopi begitu menggoda di pagi hari, para ahli menyarankan minuman seperti jus hijau dengan banyak sayuran menjadi pilihan lebih baik yang mampu mengubah kulitmu dalam hitungan hari.

Memilih produk kecantikan kulit
Berkonsultasi terlebih dulu pada ahli kesehatan kulit sebelum memilih produk kecantikan lebih disarankan ketimbang memilih sendiri dengan serampangan kosmetik yang diinginkan.

Saat mencoba produk perawatan kulit baru, penting untuk terlebih dulu berkonsultasi dengan ahlinya. Terkadang Anda mungkin mengalami iritasi kulit dan rasa tidak nyaman, tetapi ini mungkin reaksi yang berarti produk sedang bekerja dan menyesuaikan diri dengan kulit Anda.

Hindari sinar matahari
Banyak orang merasa hanya perlu melindungi kulitnya saat berada di pantai atau di luar ruangan yang cuacanya begitu cerah. Namun kenyataannya, saat berada di dalam ruangan bahkan saat mengendarai mobil sekalipun kulit perlu dilindungi dari paparan sinar UV.

Pilih tabir surya dengan spektrum luas seperti SPF 30 atau lebih dan ingat bahwa produk dengan SPF seperti itu perlu diaplikasikan ke kulit setiap dua jam di saat cuaca begitu terik.

"Penggunaan krim sunscreen berkualitas baik sangat dianjurkan setiap hari karena paparan sinar matahari adalah penyebab penuaan kulit yang paling utama dan kuat," katanya.




(MEL)