Begini Cara Menstimulasi Bayi dalam Kandungan

Raka Lestari    •    Minggu, 11 Mar 2018 18:26 WIB
tumbuh kembang anak
Begini Cara Menstimulasi Bayi dalam Kandungan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tak hanya bayi yang baru lahir, janin yang berada di dalam kandungan juga perlu mendapatkan stimulasi. Terutama stimulasi yang dberikan oleh sang ibu.

Hal ini sangat penting mengingat banyak sekali manfaat yang akan didapat dengan memberikan stimulasi sejak bayi masih berada dalam kandungan.

Pada calon bayi yang masih berada di dalam kandungan ibu, menurut  spesialis anak dr Caesar Pronocitro, M.Sc, Sp.A, sebaiknya dilakukan sedini mungkin begitu sang ibu sudah mengetahui bahwa dirinya mengandung.

"Stimulasi sudah mulai bisa diberikan dalam bentuk-bentuk yang sederhana. Misalnya, pada saat dalam kandungan itu sebenarnya bayi sudah bisa memiliki kemampuan untuk mendengar suara ibunya. Nah sebaiknya saat di dalam kandungan anak itu sudah diajak ngobrol oleh ibunya," ujarnya pada acara Metro I-Care, di Metro TV.

Dengan sering mengajak calon bayi mengobrol, diharapkan sang bayi bisa familiar dengan suara sang ibu sehingga pada saat lahir nanti anak merasa nyaman apabila mendengar suara ibunya.

Menurut dr Caesar, dalam memberikan stimulasi orang tua  perlu belajar juga mengenai tahapan-tahapan perkembangan anak supaya bisa memberikan stimulasi yang tepat.

Selain itu, orang tua juga perlu untuk membiarkan anak bereksplorasi sehingga bisa mengetahui kecerdasan sang anak karena ada banyak jenis kecerdasan pada anak. Anak-anak juga sebaiknya tidak terlalu sering dibiarkan bermain dengan gawai karena bukan media yang baik dalam memberikan stimulasi pada anak.

 


(DEV)