Ini Alasan Mengapa Wanita Bisa Membaca Pikiran

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 10 Jun 2017 11:32 WIB
psikologi
Ini Alasan Mengapa Wanita Bisa Membaca Pikiran
Bukan rahasia lagi bahwa wanita mampu membaca pikiran dan emosi seseorang hanya dari mata. (Foto: Pinterest/Videosnpictures)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bukan rahasia lagi bahwa wanita mampu membaca pikiran dan emosi seseorang hanya dari mata. Ternyata, kemampuan tersebut adalah intepretasi dari pengaruh gen, demikian menurut sebuah penelitian. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa variasi kromosom 3 pada wanita berhubungan dengan kemampuan membaca pikiran melalui mata, yang dikenal dengan empati kognitif.

Gen terdekat dari bentangan kecil kromosom 3 bernama LRRN1 (Leucine Rich Neuronal 1) yang sangat aktif dan terletak di bagian otak striatum tersebut terbukti menggunakan pemindai otak untuk menghasilkan empati kognitif tersebut. 

"Ini adalah langkah penting untuk ilmu saraf sosial dimana memberi pencerahan tentang apa penyebab empati kognitif," ujar Varun Warrier, mahasiswa doktoral di University of Cambridge. 

(Baca juga: Stereotip, Tantangan Utama Wanita dalam Dunia Teknologi)

Penelitian tersebut dilakukan pertama kali 20 tahun lalu melalui uji coba Reading the Mind in the Eyes. 

Pada studi baru ini, tim penelitian menganalisa empati kognitif pada 89 ribu orang. Hasilnya, rata-rata wanita memiliki nilai yang lebih baik karena adanya pengaruh gen. 

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa variasi genetik yang berkontribusi pada nilai yang lebih tinggi juga dapat meningkatkan risiko anoreksia, namun bukan autisme. 

"Kami senang dengan penemuan ini dan tengah menguji coba apa yang dilakukan variasi genetik ini di otak sehingga bisa memberikan kemampuan yang berbeda pada individu terkait empati kognitif," jelas Simon Baron-Cohen, profesor di University of Cambridge. 








(TIN)