8 Tanda Anda Terlalu Banyak Kehilangan Berat Badan

Raka Lestari    •    Sabtu, 09 Sep 2017 07:15 WIB
berat badan
8 Tanda Anda Terlalu Banyak Kehilangan Berat Badan
8 Tanda Anda Terlalu Banyak Kehilangan Berat Badan (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda berusaha dengan sangat keras untuk menurunkan berat badan, setiap berat yang turun terasa seperti memenangkan sebuah pertandingan. Kehilangan berat badan bisa menjadi sesuatu hal yang baik bagi Anda, namun jangan sampai Anda kehilangan terlalu banyak berat badan.  

"Hanya karena Anda kehilangan berat badan, bukan berarti Anda menurunkan berat badan dengan cara yang sehat," ujar Eric Bracermann,M.D., pendiri PATH Medical Center di New York City. Inilah tanda-tanda fisik bahwa Anda telah kehilangan terlalu banyak berat badan:

1. Anda Selalu Merasa Lelah
Jika Anda selalu menguap di tengah-tengah rapat kantor Anda, mungkin ada yang salah dengan Anda. Tidak cukup kalori dan nutrisi akan membuat Anda lemah dan mudah lelah.

2. Tidak Cukup Energi untuk Mengerjakan Pekerjaan Sehari-Hari
Tanda lainnya yaitu mudah lelah saat mengerjakan aktivitas rutin seperti mengerjakan tugas-tugas rumah tangga. Jika kehilangan dua pon dalam seminggu, Anda akan merasa pusing dan lemah yang menandakan bahwa Anda kekurangan kalori.

3. Siklus Menstruasi Tidak Teratur
Gangguan dalam siklus menstruasi Anda adalah pertanda lain bahwa anda tidak mendapatkan cukup kalori atau nutrisi.

4. Wajah Anda Terlihat Kusam
Jika wajah Anda terlihat kusam, itu berarti Anda telah terlalu banyak kehilangan berat badan.

5. Kulit Anda Terlihat Kendur
Timbangan dengan ukuran yang kecil tidak berarti berarti bahwa tubuh Anda kencang. Kehilangan berat badan yang cepat pada otot bisa menjadi penyebab kulit Anda menjadi kendur.

6. Rambut Rontok
Jika Anda kehilangan terlalu banyak berat badan, Anda juga akan kehilangan banyak berat badan yang bisa menyebabkan rambut rontok. Kekurangan asam lemak, zat besi, seng, niacin, omega 3 & 6 juga menyebabkan rambut kepala lebih berkurang.

7. Selalu Merasa Kedinginan
Jika Anda telah memakai selimut dan tetap merasa kedinginan mungkin ada yang salah dengan sistem metabolisme Anda. Mungkin baik untuk menghilangkan lemak di tubuh, namun jika Anda menurunkannya secara berlebihan dapat merusak metabolisme alami Anda sehingga Anda selalu merasa kedinginan.

8. Anda Selalu Bad Mood
Makanan tinggi asam amino dapat merangsang produksi neurotransmitter. Bila Anda tidak mendapatkan nutrisi tersebut maka fungsi otak Anda pun akan menurun dan tidak berfungsi semestinya.


 


(ELG)