Aktivitas Seks Seminggu Sekali Membuat Lebih Sehat

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 15 Jul 2017 12:18 WIB
seks dan kesehatan
Aktivitas Seks Seminggu Sekali Membuat Lebih Sehat
Aktivitas Seks Seminggu Sekali Membuat Lebih Sehat (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi yang dipublikasikan secara daring dalam Psychoneuroendocrinology menemukan bahwa wanita yang berhubungan seks minimal sekali seminggu cenderung memiliki telomer yang lebih panjang.

Telomer adalah topi protein yang dapat memperlambat penuaan seluler, memperbaiki kesehatan secara keseluruhan, dan bahkan memperpanjang usia. Telomer yang lebih panjang dapat meningkatkan kepuasan dalam hubungan, dukungan keseharian, dan mengurangi stres.

"Telomer yang lebih pendek dapat mempercepat tekanan psikologis pada proses kehidupan normal, seperti penuaan dan replikasi seluler," ujar pemimpin studi Tomas Cabeza de Baca, seperti dilansir Medical Daily.

Ia menambahkan, semakin lama, telomer bisa menyebabkan penyakit degenatif kronik dan kematian dini.

Pemendekan telomer disebabkan oleh beberapa hal seperti penuaan, pola hidup tak sehat (seperti konsumsi minuman keras), dan pengalaman traumatik (seperti kekerasaan saat kecil).

Sementara, pola hidup sehat, seperti banyak bergerak, dapat memperpanjang struktur penting selular tersebut.

"Terdapat banyak mekanisme fisiologis dan psikososial yang dapat memediasi hubungan seks dan telemor," tambahnya.

Misalnya, para peneliti berpendapat bahwa intimasi seksual dapat meredam efek stres dengan cara menurunkan sistem respon tekanan dan meningkatkan respon imun. Semakin lama, pola fungsi tekanan tersebut dapat memperpanjang telomer.

Namun, para peneliti menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu diteliti karena mereka hanya mengambil sampel para wanita yang telah menjalin hubungan romansa dalam jangka panjang.



 


(ELG)