Bisakah Jus Kemasan Menggantikan Manfaat Konsumsi Buah?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 13 Jul 2017 17:50 WIB
kesehatan
Bisakah Jus Kemasan Menggantikan Manfaat Konsumsi Buah?
(Foto: Livestrong)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi mereka yang sibuk, jus buah kemasan menjadi pilihan instan untuk memenuhi asupan buah. Namun, apakah jus buah dapat benar-benar memberi manfaat bagi kesehatan seperti halnya Anda memakan buah secara langsung?

"Minuman buah kemasan melalui berbagai proses, termasuk pengawetan agar bisa tahan lama, serta pemanasan sehingga kemungkinan vitamin dalam buah yang diambil sudah rusak," jelas dokter spesialis gizi klinis dr Fiastusi Witjaksono MSc, MS, Sp.GK dalam media briefing di RPRTA Teratai Tebet, Kamis (13/7/2017).

Selain itu, berbagai model minuman kemasan, misalnya cold-pressed juice  yang juga mulai dijadikan pilihan minuman sehat ternyata tak mampu membuat ketahanan vitamin dalam buah bertahan lama.

"Konsep cold-pressed juice  uga tak bisa membuat bertahan lebih lama karena sama saja karena bisa diminum dalam jangka waktu lama (berjam-jam) sehingga vitamin di dalamnya bisa teroksidasi," tambahnya.

Ia menyarankan agar memakan buah secara langsung agar tak ada kandungan nutrisi yang terbuang karena proses pengolahan atau pengawetan.

Masih berhubungan dengan air dan buah, salah satu minuman primadona untuk meningkatkan kesehatan adalah infused water yang dianggap bisa menyalurkan nutrisi buah ke tubuh melalui air. Benarkah demikian?

"Sama saja, kalau sempat terpapar maka vitaminnya juga tak ada lagi, tak ada manfaatnya. Ini hanya menambah rasa," pungkasnya.


(DEV)