Berjalan-jalan dengan Hewan Peliharaan Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 03 Sep 2017 11:26 WIB
kesehatan mental
Berjalan-jalan dengan Hewan Peliharaan Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental
(Foto: Wisegeek)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilik hewan peliharaan, seperti anjing, tentunya senang mengajak peliharaannya di pagi atau sore hari. Selain membuat tubuh lebih bergerak, ternyata ada manfaat psikologis lain dari aktivitas santai tersebut.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health menyebutkan bahwa pemilik anjing termotivasi untuk berjalan dengan hewan peliharaan mereka karena hal itu membuat mereka bahagia, baik secara fisik maupun mental. Tentu saja, teman kecil berbulu pun ikut menjadi bahagia.

Studi tersebut menganalisa wawancara dan refleksi tertulis pribadi dari 26 orang tentang bagaimana mereka berjalan dengan anjing mereka, secara detail. Kebanyakan partisipan melakukan aktivitas tersebut untuk anjing mereka, namun para peneliti menyebutkan bahwa kegiatan tersebut juga penting untuk kebahagiaan dan kesejahteraan mereka.

Kebahagiaan tersebut bergantung pada keyakinan pemilik dimana mereka merasa anjing mereka menikmati kegiatan tersebut. Motivasi untuk berjalan-jalan juga semakin menurun ketika anjing mereka malas atau terlalu tua untuk melakukan rutinitas tersebut.

"Mengajak anjing berjalan-jalan sangat penting untuk kesehatan mental pemiliknya dan tak ada kebahagiaan yang menandingi saat melihat anjingmu bersenang-senang. Dalam era kerja dan informasi saat ini, berterima kasihlah pada hewan peliharaan kita yang memberikan pengaruh positif pada kesejahteraan kita," ujar pemimpin studi Carri Westgarth, PhD dari University of Liverpool.

Westgarth menyarankan agar tak membawa gawai atau beban pikiran saat sedang melakukan waktu berkualitas bersama hewan peliharaan tersebut. Selain itu, rute jalan-jalan juga bisa diubah atau lebih jauh dan melakukan beberapa permainan untuk membuat anjing lebih benyak bergerak.

Manfaat tersebut juga sangat terasa bagi mereka yang sudah berusia senja. "Secara khusus, lansia yang menemani anjing berjalan-jalan menjadi bermotivasi untuk berjalan meski hanya jarak pendek."


(DEV)