Konsumsi Kenari Mampu Redam Rasa Lapar

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 02 Sep 2017 19:17 WIB
kesehatan
Konsumsi Kenari Mampu Redam Rasa Lapar
Konsumsi Kenari Mampu Redam Rasa Lapar (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC) menemukan bahwa kenari mengaktifkan area pada otak yang berhubungan dengan pengontrolan rasa lapar.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes, Obesity and Metabolism tersebut menunjukkan bahwa kacang-kacangan pada dasarnya bisa mengubah cara otak bekerja dan mencegah rasa lapar.

"Tidak jarang berpikir tentang bagaimana makanan yang kita konsumsi memengaruhi aktivitas dalam otak," tukas asisten peneliti Olivia M. Farr, PhD.

"Banyak orang merasa kenyang setelah makan kenari, namun cukup mengejutkan melihat bukti di mana terjadi perubahan aktivitas dalam otak karena pengaruh makanan."

Studi tersebut melibatkan 10 orang obesitas dalam dua sesi lima hari yang berbeda . Pada sesi pertama, setipa orang minum smoothie setiap ahri dengan kandungan 48 gram kenari, seperti direkomendasikan oleh American Diabetes Association. Pada sesi selanjutnya, para partisipan diminta mengkonsumsi smoothie tanpa kandungan kenari namun memiliki rasa yang sama dengan smoothie sebelumnya.

Studi tersebut dilakukan secara acak sehiangga partisipan tak menyadari perbedaan kedua smoothie. Pada hari terakhir sesi, para partisipan melakukan tes functional magnetic resonance imaging (fMRI). Hal tersbeut bertujuan untuk melihat perubahan dalam otak berdasarkan kadar oksigen. Ketika area tersebut lebih aktif, semakin banyak oksigen yang tersedia sehingga membantu aliran darah semakin lancar.

Kemudian, para partisipan diperlihatkan berbagai gambar makanan seperti hamburger dan makanan manis, gambar netral seperti bunga, dan gambar makanan biasa seperti sayuran. Secara mengejutkan, orang-orang cenderung bereaksi pada gambar ketiga.

Bagian otak yang berhungan dengan pengontrolan atau insula kanan menjadi lebih aktif saat orang-orang yang minum smoothie kenari melihat gambar tak sehat namun enak.

"Ketika partispan makan kenari, bagian otak mereka menyala dan hal tersebut terkoneksi dengan mereka lebih kenyang dan tak lapar."

Kenari sendiri memiliki banyak manfaat seperti melawan peradangan, mengurangi kolesterol jahat, mencegah munculnya plak, dan membuat tulang dan imunitas semakin kuat.


(ELG)