Manfaat Tidur Siang bagi Ibu Hamil

Raka Lestari    •    Selasa, 22 May 2018 09:21 WIB
kehamilan
Manfaat Tidur Siang bagi Ibu Hamil
Tim penelitian yang dipimpin oleh Lulu Song dari Huazhong University of Science and Technology di Wuhan, China baru-baru ini menemukan bahwa tidur siang dapat memberikan dampak penting bagi ibu hamil. (Foto: Omar Lopez/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi banyak wanita, masa kehamilan merupakan masa-masa yang melelahkan dan terkadang bisa membuat waktu isitrahat mereka berkurang. 

Namun sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa tidur siang selama kehamilan dapat membantu mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

Dilansir dari Romper.com, tim penelitian yang dipimpin oleh Lulu Song dari Huazhong University of Science and Technology di Wuhan, China baru-baru ini menemukan bahwa tidur siang dapat memberikan dampak penting bagi ibu hamil dengan membuat wanita yang sedang hamil merasa bahagia dan berenergi. 

(Baca juga: 6 Cara Merawat BBLR di Rumah)


(Bagi banyak wanita, masa kehamilan merupakan masa-masa yang melelahkan dan terkadang bisa membuat waktu isitrahat mereka berkurang. Foto: Leandro Cesar Santana/Unsplash.com)

Song dan tim menganalisa informasi yang didapat dari Healthy Baby Cohort study yang dilakukan pada tahun 2012-2014 yang mengumpulkan data dari 10 ribu wanita dengan usia antara 15-50 tahun, termasuk kebiasaan tidur mereka ketika sedang hamil. 

Dan hasilnya ditemukan bahwa wanita yang sering tidur siang di sore hari cenderung tidak memiliki bayi dengan berat lahir yang rendah. 

Dan penelitian tersebut juga mengatakan bahwa wanita yang tidur pada siang hari selama 60-90 menit sekitar 29 persen lebih kecil kemungkinannya memiliki bayi dengan berat lahir yang rendah, sedangkan mereka yang tidur siang antara 5 sampai 7 hari selama satu minggu 22 persen lebih kecil untuk memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah.





(TIN)