Cegah Penyusutan Otak dengan Makanan Ini

Torie Natalova    •    Selasa, 22 May 2018 18:53 WIB
tips kesehatan
Cegah Penyusutan Otak dengan Makanan Ini
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Gaya hidup sehat dengan memilih makanan yang bergizi membantu mencegah penyusutan otak seiring bertambahnya usia. 

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology melaporkan bahwa makanan seperti buah, sayuran, dan gandum utuh dapat membantu melindungi otak dari penyusutan yang berkaitan dengan usia. 

Ketika volume otak semakin kecil, maka fungsi dan kemampuan kognitif dapat berkurang.

Para ilmuwan dari Pusat Medis Universitas Erasmus di Belanda melakukan percobaan yang menganalisis 4.213 peserta yang tidak mengalami demensia atau tanda-tanda kerusakan jaringan dari pembuluh darah yang tersumbat.

Pola makan peserta kemudian dinilai dan otak mereka dipindai oleh MRI untuk memastikan informasi tentang volume jaringan otak dan faktor lainnya. Peneliti menemukan kualitas diet yang lebih baik terkait degan volume otak yang lebih besar.

Asupan tinggi sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, ikan dan asupan rendah minuman manis, dikaitkan dengan volume otak yang lebih besar.

Kesimpulannya, kualitas diet yang lebih baik dikaitkan dengan volume jaringan otak yang lebih besar. Hasil ini menunjukkan bahwa efek nutrisi pada neurodegenerasi dapat bertindak melalui struktur otak.

Sudah waktunya untuk menukar camilan tidak sehat dengan makanan kaya nutrisi. Berikut adalah lima pilihan makanan yang baik untuk memperlambat proses penuaan menurut ahli gizi.

1. Ubi jalar
2. Bawang putih
3. Bayam
4. Ikan berminyak
5. Kale





(DEV)