Lima Kebiasaan Positif Para Morning Person yang Sebaiknya Anda Tiru

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 22 Jul 2018 13:29 WIB
tips kesehatan
Lima Kebiasaan Positif Para Morning Person yang Sebaiknya Anda Tiru
(Foto: Daily Service)

Jakarta: Setiap orang memiliki waktu produktivitas yang berbeda, yang biasanya dibagi menjadi tipikal pagi (morning person) dan tipikal malam (night owl).

Dalam hal ini, para morning person diklaim lebih sukses dan produktif dibandingkan night owl. Anggapan itu memang tak sepenuhnya benar, namun, memang ada banyak kebiasaan baik yang dilakukan para morning person sehingga banyak dari mereka yang sukses.

1. Memulai dengan struktur

Tipikal pagi biasanya memiliki kebiasaan yang terstruktur. Mereka menyetel alarm pada waktu yang sama, melakukan aktivitas yang sama, sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Salah satunya adalah olahraga untuk meningkatkan energi dan konsentrasi, serta kesehatan mental.

2. Sarapan bergizi

Mereka yang tak terbiasa bangun pagi cenderung melewatkan sarapan. Sementara, orang yang memulai hari dengan makan bergizi seperti protein, gandum, atau buah dan sayu cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil, rendah kolesterol, serta meningkatkan ingatan dan konsentrasi.

3. Tidak menunda bangun

Ketika alarm berbunyi, tipikal pagi akan langsung terbangun. Dengan adanya alarm, mereka juga sudah mengalokasikan waktu tidur yang tepat. Meskipun masih mengantuk, biasanya keinginan untuk kembali tidur cepat menghilang.

4. Lebih produktif

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan jika tubuh sudah segar sejak pagi. Olahraga, sarapan, mandi, membaca berita, hingga menyiapkan bekal anak bisa dilakukan dengan cepat dan tak terasa melelahkan di pagi hari.

5. Tak kecanduan gawai

Kebanyakan orang kehilangan waktu tidur karena terbuai dengan media sosial. Sementara, tipikal pagi cenderung tak mengalami hal serupa karena mereka terbiasa membatasi waktu bermain gawai di malam hari agar tetap segar saat bangun pagi.





(DEV)