Lapar di Malam Hari? Ini Penyebabnya

Raka Lestari    •    Rabu, 11 Jul 2018 19:11 WIB
kesehatan
Lapar di Malam Hari? Ini Penyebabnya
Rasa lapar yang Anda alami ketika tengah malam bisa jadi merupakan faktor genetik. (Foto: Icons8 team/Unsplash.com)

Jakarta: Malam hari adalah waktu yang tepat bagi tubuh untuk beristirahat dan mempersiapkan energi untuk esok hari. Namun apa yang terjadi jika Anda merasa lapar ketika malam hari, terutama ketika Anda sudah bersiap-siap untuk tidur.

Dan terkadang hal itu cukup mengganggu terutama jika rasa lapar tersebut mengganggu waktu tidur dan istirahat Anda. Dikutip dari Elite Daily, rasa lapar yang Anda alami ketika tengah malam bisa jadi merupakan faktor genetik.

Menurut sebuah penelitian di tahun 2013, para peneliti dari Oregon Health & Science University dan Harvard University melakukan penelitian apakah merasa lapar saat malam hari ada hubungannya dengan ritme sirkadian pada tubuh atau tidak.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity tersebut menemukan bahwa seberapa banyak Anda makan, seberapa sering, dan seberapa baik Anda makan di siang hari, jika Anda selalu merasa lapar di malam hari bisa jadi itu merupakan cerminan kebiasaan makan dari orang tua Anda terdahulu.


(Menurut sebuah penelitian di tahun 2013, para peneliti dari Oregon Health & Science University dan Harvard University melakukan penelitian apakah merasa lapar saat malam hari ada hubungannya dengan ritme sirkadian pada tubuh atau tidak. Foto: Courtesy of Carolyn Lagattuta/Stocksy)

(Baca juga: Empat Hal yang Membuat Anda Terbangun di Malam Hari)

Namun menurut para ahli, orang tua Anda tidak bisa sepenuhnya disalahkan atas rasa lapar yang sering Anda alami di malam hari. Jika Anda selalu lapar di malam hari, itu mungkin merupakan cerminan dari kebiasaan makan Anda sendiri. 

Menurut Jessica Rosen, seorang pelatih kesehatan holistik bersertifikasi dan salah satu pendiri Raw Generation mengatakan jika Anda merasa lapar ketika malam hari itu bisa terjadi karena dua hal, yaitu karena Anda tidak mendapatkan cukup makan di siang hari atau kekurangan vitamin dan mineral yang cukup.

"Ketika kita menginginkan makanan-makanan manis seperti permen atau cokelat, itu bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda kekurangan magnesium dan jika kita menginginkan keju atau daging berarti tubuh Anda kekurangan kalsium dan zat besi," ujar Rosen.

Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk mengonsumsi makanan dengan diet seimbang dan mengonsumsi minum yang cukup.




(TIN)