Lima Makanan yang Termasuk dalam Antibiotik Alami

Raka Lestari    •    Selasa, 31 Jul 2018 18:03 WIB
kesehatan
Lima Makanan yang Termasuk dalam Antibiotik Alami
Mengonsumsi makanan yang juga merupakan antibiotik alami dapat membantu menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. (Foto: Katherine Hanlon/Unsplash.com)

Jakarta: Selain jeruk yang kaya akan vitamin C, pada kenyataannya ada banyak jenis makanan yang dapat menjadi antibiotik alami. Mengonsumsi makanan yang juga merupakan antibiotik alami dapat membantu menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. 

"Menambah asupan makanan Anda dengan makanan yang mengandung antibiotik alami merupakan salah satu cara terbaik untuk menangkal penyakit dan menjaga tubuh Anda tetap sehat," menurut Richard Purvis, CEO dari perusahaan produk perawatan kulit, Skin Moderne.

Dan berikut ini adalah berbagai makanan yang mengandung antibiotik alami dikutip dari Elite Daily.

(Baca juga: Bawang Putih dan Apel Bantu Jaga Keremajaan Kulit)

1. Madu Manuka
Selain memiliki rasa yang sangat lezat, madu Manuka juga merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling baik. Dan selain bermanfaat bagi tubuh Anda, penelitian juga menunjukkan menunjukkan bahwa sifat antibiotik yang luar biasa dari madu Manuka bahkan dapat menyembuhkan luka bedah lebih cepat daripada metode tradisional.


(Penelitian telah menunjukkan bahwa sejumlah rempah-rempah hangat, seperti cengkeh, oregano, thyme, kayu manis, dan jintan, memiliki sifat antimikroba yang kuat. Foto: Katherine Hanlon/Unsplash.com)

2. Bawang Putih
Selain menjadi pasangan yang paling pas untuk membuat garlic bread, bawang putih juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Rahasia kekuatan bawang putih menurut Purvis adalah senyawa yang disebut allicin. "Allicin menghambat berbagai bakteri, jamur, dan virus untuk menyebar serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda."

3. Rempah-rempah
Jangan sekali-kali meremehkan rempah-rempah yang terdapat pada dapur Anda untuk mendapatkan makanan yang mengandung antibiotik alami. Penelitian telah menunjukkan bahwa sejumlah rempah-rempah hangat, seperti cengkeh, oregano, thyme, kayu manis, dan jintan, memiliki sifat antimikroba yang kuat untuk melindungi Anda dari sakit. 

4. Oregano Oil
Oregano oil atau minyak oregano mungkin sering ditemukan dalam pizza. Namun sebenarnya minyak oregano adalah salah satu bahan makanan yang baik dalam membasmi kuman. Satu studi menemukan bahwa minyak esensial oregano aktif melawan 40 jenis bakteri yang berbeda.

5. Sari Cuka Apel
Purvis menyarankan untuk menambahkan sari cuka apel ke dalam diet harian Anda. Selain menjadi alat yang ampuh melawan kram perut saat menstruasi, sari cuka apel juga dapat meningkatkan kekebalan Anda. Namun dalam mengonsumsi sari cuka apel, Purvis menyarankan agar membatasinya hanya dua sendok makan sehari.





(TIN)