Meredakan Mood Berantakan dengan Lima Jenis Makanan Ini

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 21 Jun 2018 06:00 WIB
kesehatanpsikologi
Meredakan Mood Berantakan dengan Lima Jenis Makanan Ini
Berikut ini beberapa makanan yang bisa memerbaiki suasana hati Anda. (Foto: LluĂ­s Domingo/Unsplash.com)

Jakarta: Ada berbagai cara untuk mengembalikan suasana hati Anda menjadi lebih baik. Salah satunya melalui beberapa makanan yang tepat untuk meredakannya.

Seperti dilansir dari Boldsky, suasana hati bisa diperbaiki dengan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang juga dikenal membantu melindungi diri dari depresi. Selain itu, ada beberapa makanan lain yang bisa memerbaiki suasana hati Anda seperti di bawah ini.

1. Salad bayam 
Bila Anda tak bisa berkonsentrasi dan terasa sangat mengantuk, sebaiknya gantilah segelas kopi dengan semangkuk salad bayam. Asam folat di dalam bayam akan membantu tubuh menurunkan kadar homosistein.

Kadar homosistein yang tinggi ini berkaitan dengan kerusakan pembuluh darah dan mengganggu aliran darah serta nutrisi ke otak. Aliran darah yang terganggu ini, mengakibatkan Anda merasa lesu dan mengantuk.

(Baca juga: Makanan Harian Ini Dapat Mengubah Mood Anda)

2. Teh hijau untuk meredakan amarah
Teh hijau mengandung theanin yang dapat membantu menenangkan pikiran, meningkatkan fokus dan memertahakan konsentrasi. Selain teh hijau, makanan seperti asparagus, buah-buahan yang kaya vitamin C, makanan yang kaya zat seng juga bisa dikonsumsi untuk menenangkan pikiran juga tubuh.


(Bila suasana hati Anda terasa cemas, makanlah hidangan ikan. Beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi seperti salmon, mackerel dan tuna yang mengandung asam lemak omega-3. Foto: Monika Grabkowska /Unsplash.com)

3. Sereal gandum utuh dan susu rendah lemak
Untuk mengurangi kesedihan dalam diri Anda, bisa mengonsumsi sereal gandum dengan susu. Perasaan sedih ini disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Sedangkan vitamin D ini dikenal dapat memproduksi serotonin, yakni hormon yang membantu menstabilkan suasana hati dan mengurangi depresi.

4. Ikan
Bila suasana hati Anda terasa cemas, makanlah hidangan ikan. Beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi seperti salmon, mackerel dan tuna yang mengandung asam lemak omega-3. Ini akan membantu Anda mengurangi kecemasan. Penelitian juga menemukan bahwa asam lemak omega-3 membantu mengurangi amarah dan masalah kesehatan lainnya.

5. Sandwich telur
Sebelum menstruasi, biasanya perempuan akan mengalami PMS dan Anda bisa meredakannya dengan sandwich telur. Karbohidrat membantu tubuh meningkatkan kadar serotonin yang bisa meningkatkan mood Anda.

Namun hindari karbohidrat tinggi lemak dan gula tinggi seperti kue, keripik, dan donat. Pilihlah roti gandum, telur, dan pisang yang bisa meningkatkan pelepasan triptofan.




(TIN)