5 Tips Hilangkan Perut Buncit

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 27 Jun 2018 16:36 WIB
diet
5 Tips Hilangkan Perut Buncit
(Foto: Prevention)

Jakarta: Perut buncit tak hanya pertanda tak sehat, tetapi juga menurunkan rasa percaya diri. Pola makan sehat dapat dijadikan sebagai salah satu solusi masalah tersebut.

Berikut adalah beberapa tips dari ahli makanan Professor Glenn Gibson untuk mengurangi perut besar, sepetti dilansir Daily Star Online.

1. Singkirkan kalori cair

Dari berbagai minuman yang menyehatkan, beberapa di antaranya justru mengandung banyak kalori, seperti jus buah dengan gula dan minuman energi.

"Jus buah, minuman energi, beberapa alternatif susu dan alkohol dapat dikemas dengan kalori," Gibson mengingatkan.

"Apakah Anda memuaskan dahaga atau minum untuk kesenangan murni, sangat mudah untuk minum dalam jumlah besar, terutama di musim panas. Anda tidak menyadari mengonsumsi setengah dari kalori harian Anda dalam prosesnya."

2. Mengunyah dengan baik dan makan lebih lambat

Cobalah lebih menikmati makanan dengan makan lebih lambat.

"Makan dengan cepat dapat meningkatkan jumlah gas yang ada di perut kita. Hanya mengunyah sedikit lebih lama dapat membuat semua perbedaan."

"Pencernaan dimulai dari saat kita makan dan tanpa mengunyah makanan yang benar tidak dapat dicerna dengan baik yang mengarah ke penumpukan gas dan kembung," tambahnya.

3. Minum air

Air tak hanya membuat tubuh tetap terhidrasi, tetapi juga sebagai detoksifikasi. "Semakin banyak air yang Anda minum, semakin sedikit air yang akan Anda pertahankan."

Selain mendukung pencernaan, air juga memperlancar BAB secara teratur sehingga mencegah kembung. Gibson menyarankan untuk minum 1,5 liter air atau delapan gelas per hari.

4. Konsumsi prebiotik

Prebiotik adalah cara yang bagus untuk menjaga perut tetap sehat.

"Cobalah mengonsumsi suplemen makanan prebiotik harian, yang memberi makan dan menstimulasi bakteri baik di usus, dan terbukti secara klinis untuk secara signifikan mengurangi kembung dalam beberapa penelitian pada manusia."

5. Kurangi garam

Produk makanan yang mengandung banyak garam dapat merusak pinggang.

"Terlalu banyak garam dapat menyebabkan tubuh Anda menahan kelebihan air, sehingga sulit untuk mencapai perut yang rata," pungkas Profesor Gibson.





(DEV)