Lima Makanan yang Memicu Heartburn pada Ibu Hamil

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 27 Jun 2018 12:44 WIB
kehamilan
Lima Makanan yang Memicu Heartburn pada Ibu Hamil
Untuk mencegah hearthburn, Anda disarankan agar tidak mengonsumsi beberapa makanan berikut. (Foto: Paul Lin/Unsplash.com)

Jakarta: Pada saat menjalani masa kehamilan, Anda akan menemukan banyak perubahan pada tubuh. Dari mulai berat badan yang naik, perut yang menonjol hingga merasakan heartburn di mana ibu hamil merasa panas atau terbakar di daerah dada.

Dilansir dari Boldsky, heartburn biasanya dipicu oleh gangguan pencernaan atau asam lambung. Untuk mencegahnya, Anda disarankan agar tidak mengonsumsi beberapa makanan berikut.

1. Kopi dan soda
Ada baiknya jika selama masa kehamilan, Anda membatasi konsumsi minuman berkafein atau soda. Namun jika karena alasan tertentu yang mengharuskan Anda minum kopi, tidak disarankan mengonsumsinya dengan kondisi perut kosong.

(Baca juga: Tips Mengatasi Heartburn saat Hamil)


(Ada baiknya jika selama masa kehamilan, Anda membatasi konsumsi minuman berkafein atau soda. Namun jika karena alasan tertentu yang mengharuskan Anda minum kopi, tidak disarankan mengonsumsinya dengan kondisi perut kosong. Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

2. Makanan pedas
Makanan pedas merupakan salah satu penyebab utama heartburn pada ibu hamil dan merupakan pemicu sakit mag. Tapi jika Anda ingin makan pedas, pastikan mengonsumsinya dalam jumlah kecil. 

3. Bawang putih
Fruktan adalah komponen utama yang terdapat pada bawang putih. Zat ini tak sepenuhnya dicerna oleh tubuh manusia dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Pada wanita hamil, terlalu banyak mengonsumsi bawang putih bisa mengakibatkan heartburn. 

4. Peppermint
Konsumsi peppermint dapat melemaskan otot sphincter yang berada di antara esofagus dan lambung. Pada wanita hamil, otot perut yang sudah rileks, membuat asam lambung mengalir kembali ke esofagus.

5. Alkohol
Konsumsi alkohol akan berdampak negatif bagi janin. Selain itu, minum alkohol juga menyebabkan heartburn pada kehamilan. 





(TIN)