Selain Membatasi Gula, Tiga Langkah Ini Bantu Membuat Kulit Awet Muda

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 03 Oct 2018 16:56 WIB
kecantikan
Selain Membatasi Gula, Tiga Langkah Ini Bantu Membuat Kulit Awet Muda
(Foto: Daily Star)

Jakarta: Penuaan merupakan fase yang pasti akan dialami setiap mahluk hidup. Namun, bisa diperlambat dengan melakoni gaya hidup sehat. 

Selain mengonsumsi air yang cukup dan menghindari paparan asap rokok, beberapa cara ini membantu meremajakan kulit Anda. 

1. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan

Antioksidan adalah makanan terbaik untuk kulit. 
Tomat, jeruk, buah berwarna merah, dan sayuran dapat meningkatkan proteksi terhadap matahari hingga 33 persen. Selain itu, teh hijau juga merupakan sumber pelindung dari sinar UVA dan UVB yang baik. Kandungan kafein dalam teh hijau juga dapat menurunkan risiko kanker kulit.

2. Rajin berolahraga

Olahraga menghasilkan komponen IL 15 yang berfungsi mencegah kematian sel. Sebuah studi menemukan bahwa bersepeda rutin per minggu selama tiga bulan dapat membuat kulit menjadi lebih muda. Ini karena, berkeringat membuat regenerasi kulit lebih cepat dan membuang racun tubuh. 

3. Pijat wajah

Memijat wajah tiap malam selama satu menit dapat mengangkat otot wajah. Gerakan memutar dengan menggunakan jari dapat meningkatkan elastisitas dan menghilangkan garis tegang di wajah. Dengan demikian, degenerasi jaringan pun melambat. 

4. Hindari makanan manis

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat mempercepat proses glikasi, yang membuat kulit menua. Proses itu terjadi ketika tambahan glukosa dari aliran darah terikat pada protein kulit muda, kolagen dan elastin, kemudian membuat kulit rapuh dan kaku.

Lihat video:






(DEV)