Sulit Mencium Bau Diri Sendiri, Ini Alasannya

Raka Lestari    •    Senin, 24 Dec 2018 14:03 WIB
kesehatan
Sulit Mencium Bau Diri Sendiri, Ini Alasannya
Hidung Anda dapat mendeteksi sekitar satu triliun aroma. Tetapi sayangnya Anda tidak bisa mencium bau dari badan Anda sendiri. (Foto: Guilherme Stecanella/Unsplash.com)

Jakarta: Anda bisa mencium bau rumput setelah tetangga Anda memotong rumput. Anda bisa mencium aroma pizza yang enak ketika melewati restoran pizza. Anda juga bisa mencium bau apak, bau badan orang lain, dan banyak lagi bebauan lainnya.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Nature, hidung Anda dapat mendeteksi sekitar satu triliun aroma. Tetapi sayangnya Anda tidak bisa mencium bau dari badan Anda sendiri.

Manusia rentan terhadap suatu kondisi yang oleh para ilmuwan disebut olfactory fatigue. Yaitu kondisi di mana indera penciuman kita merasa lelah dan mulai berhenti mencium bau yang sudah familiar dari badan kita, sehingga berhenti untuk mendeteksi bau tersebut. Dan hal tersebut sebenarnya bisa menjadi sesuatu yang baik.

Klik di sini: Tips untuk Menambah Rasa pada Telur Orak-arik

Pamela Dalton, seorang psikolog di Monell Chemical Senses Center, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa manusia akan membiarkan bau yang sudah familiar agar memiliki ruang untuk mendeteksi bau yang baru dan aneh. Itu menjadi alat peringatan bagi tubuh ketika dalam keadaan bahaya, seperti sesuatu yang terbakar, atau sesuatu yang enak dimakan seperti pizza.

Dikutip dari Reader's Digest, ketika aroma-aroma tersebut dihirup oleh hidung, reseptor bau di hidung kita mendeteksi komponen kimianya dan mengirimkan sinyal listrik ke korteks frontal otak kita. Dan kemudian kita memutuskan apakah kita perlu melarikan diri (dari api), atau berlari lebih dekat (menuju pizza).

Namun ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui bau badan Anda. Lifehacker membeberkan salah satu caranya, yaitu dengan melepas baju dan mengendusnya apakah bau badan Anda dapat mengganggu orang lain atau tidak. Cara lain untuk memeriksa aroma Anda sendiri adalah dengan menggosok kulit kepala Anda, lalu mencium aroma jari-jari Anda tersebut.

Cegah Stunting, Kenali Penyebabnya (1)



(FIR)