Empat Hal yang Harus Dilakukan Setelah Putus Cinta

Raka Lestari    •    Kamis, 01 Nov 2018 08:23 WIB
psikologi
Empat Hal yang Harus Dilakukan Setelah Putus Cinta
Berikut ini adalah tips untuk lebih mempermudah dalam melupakan mantan pasangan Anda. (Foto: Anthony Tran/Unsplash.com)

Jakarta: Jika Anda baru saja mengalami putus cinta dan berada di tengah-tengah fase emosional dan fase menangis pascaputus, tentu Anda sadar bahwa putus cinta bukanlah hal yang menyenangkan untuk dilalui. 

Dan penting bagi Anda untuk segera bangkit dari kesedihan tersebut serta mengetahui langkah-langkah apa yang bisa Anda lakukan setelah mengalami putus cinta. 

Berikut ini adalah tips untuk lebih mempermudah dalam melupakan mantan pasangan Anda.

1. Dimulai dari media sosial
"Saya akan menyarankan agar Anda tidak melihat, berbicara, atau berkomunikasi sama sekali termasuk melalui media sosial setidaknya 90 hari," kata Dr Gary Brown, seorang terapis hubungan terkemuka di Los Angeles. 

"Anda akan membutuhkan waktu itu untuk membantu Anda mengatasi berbagai masalah emosional yang Anda hadapi ketika kehilangan seseorang yang dicintai," jelas Brown. 

(Baca juga: Pentingnya Putus Cinta Secara Baik-baik)

2. Merawat diri sendiri
"Salah satu hal terpenting yang perlu diingat saat putus cinta adalah bahwa patah hati dapat memengaruhi fisiologi dan neurokimia Anda," ujar Elle Huerta, CEO dan pendiri Mend, sebuah aplikasi untuk membantu melewati putus cinta. 

"Putus cinta dapat membuat Anda merasa tidak bahagia, sehingga sangat penting pada masa-masa baru putus untuk melakukan perawatan esktra bagi diri Anda, misalnya dengan melakukan olahraga untuk memberikan asupan hormon bahagia untuk Anda." 

Pergilah keluar rumah, Anda bisa melakukan hobi baru yang akhirnya bisa memberikan kebahagiaan pada diri Anda. 

3. Cintai diri sendiri
Setelah putus cinta, sulit untuk mengingatkan diri bahwa Anda layak untuk dicintai. Tetapi sangat penting untuk berpikir positif setiap harinya mengenai rasa cinta pada diri sendiri dan mengingatkan diri sendiri bahwa Anda luar biasa. 

"Apakah Anda akan menyalahkan sahabat Anda, atau meninggalkan teman terbaik Anda jika hubungan mereka berakhir?" Huerta bertanya. "Cobalah untuk memperlakukan diri sendiri dengan perasaan yang sama seperti Anda memperlakukan teman terbaik Anda, dan itu akan membuat segalanya menjadi lebih baik." 

4. Mencoba sesuatu yang baru
Setelah putus cinta, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan dengan semua waktu luang Anda. Anda mungkin merasa kesepian. Semua itu normal, tetapi setelah Anda sedikit bersedih sudah saatnya untuk mengisi kegiatan-kegiatan Anda.  

"Isi kekosongan itu dengan melakukan passion Anda terhadap diri sendiri, teman, keluarga, olahraga, atau dengan kegiatan baru yang selalu ingin Anda lakukan tetapi belum punya waktu," ujar Nora DeKeyser, seorang ahli dalam hubungan dan percintaan. 





(TIN)