Rasa Takut Terhadap Sesuatu Bantu Ungkap Kepribadian Anda

Nia Deviyana    •    Senin, 15 Oct 2018 17:00 WIB
psikologi
Rasa Takut Terhadap Sesuatu Bantu Ungkap Kepribadian Anda
(Foto: Reader Digest)

Jakarta: Rasa takut terhadap sesuatu ternyata bisa mengungkap bagaimana kepribadian Anda. Takut pada badut, misalnya, menggambarkan bahwa Anda adalah orang yang menghargai kejujuran.

Menurut artikel yang dimuat di Scientific American, badut acapkali digambarkan sebagai 'penipu'. Selama ini, membaca ekspresi wajah menjadi cara untuk bertahan hidup, dan ketidakmampuan kita untuk memahami ekspresi badut di balik topeng mereka, secara otomatis menimbulkan kecurigaan. 

Orang-orang yang takut pada badut membanggakan kejujuran, transparasi, dan keterusterangan, dan berharap orang lain di sekitar mereka melakukan hal yang sama. 

Selain badut, ketakutan pada beberapa hal ini bisa menunjukkan bagaimana karakter Anda. 

1. Takut pada darah

Apakah Anda pusing ketika melihat darah? atau bahkan pingsan? hal ini normal dan merupakan refleks primitif yang tertanam jauh di otak kita.

Pada dasarnya, pikiran kita mengaitkan darah dengan sesuatu yang salah, yang kemudian mengirimkan sinyal bahaya ke otak. Jika ini terjadi, Anda memiliki naluri pelindung yang kuat dan cenderung tenang. Anda juga termasuk orang yang menghargai tubuh, dan merawatnya sebaik mungkin.

2. Takut pada ular

Ketakutan pada ular mencerminkan diri Anda memiliki naluri pelindung untuk orang lain. Anda pastinya bukan orang yang mau kalah dalam berargumen dan suka membela orang yang Anda anggap sebagai teman setia. 

3. Takut bicara di depan umum

Berdasarkan Fear Of encyclopedia, kebanyakan individu yang takut bicara di depan umum biasanya merasa rendah diri, menginginkan kesempurnaan terhadap apa yang mereka lakukan, kerap mencari pembenaran terhadap argumen mereka.

4. Takut kegelapan

Ketakutan pada kegelapan tidak sepenuhnya buruk. Dilansir dari Medical Daily, peneliti percaya bahwa hal tersebut berasal dari pengkodean genetik yang tertanam dalam diri kita untuk menghindari bahaya di malam hari. 

Orang yang takut pada kegelapan biasanya memiliki imajinasi yang sangat aktif, yang secara otomatis memformulasikan gambar ketika semuanya gelap. (Reader's Digest)


Lihat video:





(DEV)