Ketahui Penyebab Kesemutan Selain Rematik

Karina Yunita    •    Senin, 22 Aug 2016 14:43 WIB
kesehatan
Ketahui Penyebab Kesemutan Selain Rematik
(Foto: homeremedyhacks)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mati rasa atau kesemutan akan sangat mengganggu, terutama jika terjadi ketika Anda sedang beraktivitas. Kesemutan umumnya terjadi karena pasokan darah yang tak memadai, ada cedera, atau tekanan pada saraf.

Namun, kesesemutan bisa juga terjadi karena penyebab ini.

1. Kurang kalori

Kesemutan terjadi karena sirkulasi darah yang tak lancar. Hal ini, biasanya terjadi ketika asupan kalori tidak mencukupi. Jumlah kalori yang dibutuhkan setiap orang bervariasi, bergantung pada jenis kelamin, usia, dan aktivitas. Namun, secara general perempuan tua harus mendapatkan sekitar 1.600 kalori per hari. Sementara anak-anak, remaja, perempuan muda aktif, dan laki-laki harus mencukupi kebutuhan 2.800 kalori per hari.

2. Kurang vitamin B12

Defisiensi vitamin B12 juga menjadi faktor yang mengganggu sirkulasi darah. Kekurangan vitamin B12 terjadi akibat pola makan yang buruk semasa bayi, menjalani diet berlebihan, serta kurang gizi.

3. Gangguan Makan

Gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia bisa membuat penderitanya kurang gizi. Kondisi ini juga memicu dehidrasi dan defisiensi mineral seperti kalsium, kalium, natrium, magnesium, dan fosfor. Penderita gangguan makan biasanya tak hanya mengalami kesemutan, tetapi juga peradangan pada kaki.

Kenali penyebabnya

Penjelasan di atas memberi sebuah kesimpulan, bahwa mengurangi asupan kalori menjadi faktor yang paling dominan menyebabkan kesemutan atau mati rasa.

Jika Anda masih sering kesemutan padahal asupan kalori sudah ditingkatkan, artinya kesemutan merupakan indikasi penyakit lainnya seperti diabetes, stroke, rematik, atau alergi obat-obatan.

Konsultasikan pada dokter untuk memperoleh diagnosa yang tepat.(Medicalnewstoday)

 



(DEV)