Cara Menekan Nafsu Makan Berlebih Saat Lelah

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 11 Sep 2016 10:53 WIB
diet
Cara Menekan Nafsu Makan Berlebih Saat Lelah
(Foto: cdn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda selalu ingin mengunyah saat tubuh merasa lelah? Jika ya, cobalah berolahraga. Sebuah penelitian baru menyebutkan, olahraga menurunkan keinginan untuk makan berlebihan saat tubuh merasa kelelahan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang akan makan lebih banyak setelah mengerjakan banyak pekerjaan seperti ujian atau tugas.

Hal tersebut dikarenakan aktivitas membutuhkan energi untuk bekerja dan makanan adalah sumber energi sehingga perlu diisi ulang saat kelaparan.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang telah selesai mengerjakan ujian memesan pizza lebih sedikit setelah berolahraga selama 15 menit.

(Baca: Jangan Tergiur Penurunan Berat Badan dalam Waktu Singkat)

Mengapa demikian?

Meski tak yakin, para peneliti menduga adanya lonjakan kadar laktat dalam tubuh yang dipicu karena olahraga yang dilakukan. Secara teori, laktat menekan rasa lapar.

"Laktat mungkin telah memenuhi kebutuhan energi dalam otak," ujar peneliti Gary Hunter dari University of Alabama menambahkan.

Menurutnya, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek laktat dan gula darah dalam perilaku makan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Medical & Science in Science & Exercise mengungkapkan bahwa menggerakkan badan menghilangkan 200 kalori dibandingkan hanya duduk diam. Angka tersebut sama dengan jumlah kalori yang dikeluarkan saat berolahraga.

Lihat Video: Minum Banyak Air Bisa Jadi Cara Ampuh Turunkan Berat Badan


 


(DEV)