Hindari Ini Jika Berat Badan Saat Hamil Berlebih

Yatin Suleha    •    Jumat, 07 Oct 2016 09:00 WIB
kehamilan
Hindari Ini Jika Berat Badan Saat Hamil Berlebih
Jika berat badan ibu hamil bertambah dengan pesat di luar dari berat badan yang dianjurkan, maka itu artinya Anda telah makan secara berlebihan. (Foto: Youqueen)

Metrotvnews.com, Jakarta: Peningkatan berat badan saat hamil memang harus terjadi. Namun jika berat badan pesat terjadi, ada baiknya menghindari asupan berikut ini.

Dr. Dwirani Amelia, SpOG, dari RS Budi Kemuliaan, Jakarta mengatakan jika berat badan ibu hamil bertambah dengan pesat di luar dari berat badan yang dianjurkan, maka itu artinya Anda telah makan secara berlebihan. 

Tentu yang Anda harus lakukan adalah mengeluarkan beberapa jenis makan dari daftar diet Anda, dimulai dari karbohidrat, terutama karbohidrat simpleks seperti gula, tepung termasuk nasi. 

(Baca juga: 10 Cara Jalani Kehamilan Sehat untuk Wanita Obesitas)

Rasa penuh atau kenyang memang didapatkan jika lambung kita terisi, maka isilah dengan karbohidrat jenis kompleks seperti gandum dan rasa kenyangnya biasanya bertahan lebih lama. Protein dan nutrien lain upayakan untuk tetap dikonsumsi sesuai dengan takaran.

Ibu hamil harus berhati-hati, jika...
Ada juga suatu kondisi, dimana terjadi penambahan berat badan yang progresif, >2kg dalam 2 minggu. Pada keadaan ini ibu hamil harap berhati-hati karena ini biasanya diakibatkan oleh penimbunan cairan yang nampak sebagai bengkak.

Dr. Dwirani menerangkan bahwa bengkak normal ditemukan saat hamil, ini akibat penekanan rahim atau bayi sehingga menghambat aliran darah di daerah tungkai, biasanya tidak disertai dengan penambahan berat badan yang progresif.

Jika ini terjadi, ada risiko ibu hamil terkena preeklampsia dan kondisi ini harus dikonfirmasi dengan beberapa pemeriksaan, yang termudah biasanya terjadi peningkatan tekanan darah.

Tips berat badan ideal selama hamil
Dr. Dwirani memberikan tips agar berat badan saat hamil bisa ideal. 

1. Memulai kehamilan dengan berat badan seideal mungkin dan sebugar mungkin.

2. Makan makanan yang seimbang sebelum dan selama kehamilan, yang mengandung karbohidrat (terutama karbohidrat kompleks), lebih banyak protein, lemak, dan vitamin serta nutrien esensial lain.

3. Hindari makanan junk food-yang kalorinya sangat besar.

4. Tetap berolahraga ringan meskipun dalam keadaan hamil.





(TIN)