6 Benda yang Menyimpan Bakteri dalam Rumah

Torie Natalova    •    Sabtu, 08 Oct 2016 11:22 WIB
kesehatan
6 Benda yang Menyimpan Bakteri dalam Rumah
6 Benda yang Menyimpan Bakteri dalam Rumah (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda mungkin sudah sering mencuci tangan setiap kali habis dari kamar mandi. Setelah cuci tangan, Anda pun merasa sudah terbebas dari kuman.

Padahal, saat berada di rumah ada beberapa benda atau barang yang menyimpan kuman. Namun, karena tidak terlihat menjijikkan, Anda pun tidak menyangka bahwa ada kuman pada barang tersebut. Apa saja?

1. Tangkai sikat gigi
Tangkai atau gagang sikat gigi seringkali terlihat kotor dan menghitam jika tidak cepat diganti. Tangkai sikat gigi bisa menjadi sarang kuman dan jamur. Bersihkan pegangan sikat gigi dengan air panas yang diberi sabun untuk meminimalisir pertumbuhan kuman.

2. Keset kamar mandi
Keset kamar mandi mengering sangat lambat setiap harinya. Lingkungan yang lembap menjadi tempat perkembangbiakan bakteri dan jamur. Cobalah menggantung keset setiap kali habis pakai. Atau Anda juga bisa menaburi baking soda di atas keset dan diamkan selama 30 menit.

3. Karet penutup tempat cuci piring
Pernahkah Anda berpikir bahwa tempat cuci piring lebih banyak terdapat bakteri dibanding toilet? Coba pikirkan ini, Anda mencuci ayam mentah di sana, ini membuat tempat cucian piring menjijikkan. Karet yang biasanya digunakan untuk menutup lubang cucian merupakan tempat tumbuhnya bakteri. Ini bisa membuat cucian Anda dan peralatan masih terkontaminasi bakteri.

Setidaknya, satu kali seminggu Anda membersihkan karet tersebut. Cobalah gunakan air perasan lemon dan cuka ke karet tersebut. Gosok dengan sikat gigi bekas kemudian bilas hingga bersih.

4. Pegangan pintu kulkas
Rutin membersihkan kulkas dan membuang makanan yang sudah basi dalam kulkas merupakan langkah penting untuk mengurangi kuman dalam kulkas. Pintu kulkas bisa tertular bakteri akibat Anda memegang makanan basi dalam kulkas. 

Cobalah seminggu sekali membersihkan bagian kulkas dengan cuka putih yang dicampur air. Semprotkan ke pintu kulkas kemudian lap dengan kain bersih.

5. Telepon genggam
Telepon genggam paling sering terkena bakteri yang berasal dari tangan Anda. Secara tak sadar Anda memegang smartphone saat tangan Anda belum dicuci atau jatuh ke lantai yang kotor. Telepon genggam membawa bakteri seperti salmonela.

6. Keset depan teras
Bayangkan jika sepatu Anda yang kotor menyimpan banyak bakteri dan kuman. Setiap Anda puang ke rumah, pastikan Anda membersihkan bagian bawa sepatu setelah menginjak keset. Atau, tinggalkan sepatu Anda di depan pintu untuk menghindari kuman terbawa masuk ke dalam rumah.



(ELG)