Perilaku Makan Turut Pengaruhi Masalah Gizi di Indonesia

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 31 Oct 2017 17:31 WIB
kesehatan
Perilaku Makan Turut Pengaruhi Masalah Gizi di Indonesia
Perilaku Makan Turut Pengaruhi Masalah Gizi di Indonesia (Foto ilustrasi: Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia tengah mengalami dua masalah gizi secara berbarengan, yaitu malnutrisi dan obesitas. Hal tersebut berkaitan dengan asupan dan kualitas makanan masyarakat secara umum.

Siswanto selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI mengungkapkan bahwa selain ketersediaan pangan, perilaku pangan memberi pengaruh besar.

"Tak semua masyarakat paham tentang makanan bergizi. Oleh karena itu, Kemkes mengadakan upaya-upaya untuk mendorong masyarakat hidup sehat seperti makan ikan, bauh dan sayur, termasuk makanan lokal," ujar Siswanto dalam konfrensi pers EAT Asia Pacific Competence Forum di Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Menurutnya, perlu dilakukan penelitian yang bersifat operasional atau implementasi untuk menyelesaikan masalah terkait gizi, dari hulu ke hilir.

"Kita perlu mengubah perilaku konsumen dan bagaimana menyediakan makanan yang terjangkau dan aman," tambahnya.

Ia menjelaskan, hulu dari masalah pangan tersebut bisa dilihat melalui peningkatan produksi makanan, lahan yang terbatas dimana penanaman vertikal bisa dijadikan pilihan, dan hal-hal lain.

"Tujuan semua itu adalah untuk meningkatkan sistem keamanan pangan," tutupnya.




(DEV)