Ini Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 12 Oct 2017 11:52 WIB
kesehatan
Ini Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda
Dark chocolate dapat meningkatkan sirkulasi darah karena adanya kandungan kokoa sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan berperan penting dalam menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental.

Kesehatan mental dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik biologis, psikologis, maupun lingkungan. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa makanan juga berperan penting dalam hal ini.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan kesehatan mental, selain kesehatan fisik.



1. Telur
Telur mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Asam folat, biotin, dan kolin dalam makanan ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak serta perkembangan sel dan pembuluh dalam otak.



2. Yogurt
Yogurt baik untuk menjaga sistem pencernaan dimana hal tersebut juga memberi efek positif pada otak, seperti emosi. Makanan ini juga dapat membantu mengurangi stres dan rasa cemas karena mengandung prebiotik, selain baik untuk mengatasi masalah perut. 

(Baca juga: Studi: Cokelat Tingkatkan Kemampuan Otak)
 


3. Brokoli
Makanan hang kaya akan kalium ini dapat meningkatkan aktivitas otak dan memperlambat penuaan dalam sistem kerja otak.



4. Sayuran hijau

Sayuran hijau dapat mencegah munculnya demensia dan memperlambat kemunduran kerja otak. Vitamin K yang banyak terdapat pada sayuran hijau juga berksiat sebagai vitamin otak. 



5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan mangan, selenium, dan tembaga yang mampu meningkatkan kinerja otak dan menjaga kesehatan mental.



6. Dark chocolate
Makanan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah karena adanya kandungan kokoa sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat. Selain itu, falvonoid dalam dark chocolate juga dapat menjaga otak tetap awet muda dan menghindarkan dari kerusakan akibat radikal bebas. 











(TIN)