3 Manfaat dari 15 Menit Berjalan Kaki

Yatin Suleha    •    Jumat, 03 Nov 2017 14:16 WIB
kesehatan
3 Manfaat dari 15 Menit Berjalan Kaki
Studi terbaru dari Frontiers dalam Neuroscience menemukan bahwa berjalan meningkatkan baik konvergensi (pikiran pusat) maupun divergensi (pikiran sebaran lainnya). (Foto: Alvin Mahmudov/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Zaman yang serba canggih dapat membuat Anda bahagia, contohnya hanya dengan sentuhan jari makanan dan minuman bisa hadir di muka pintu Anda. Namun, jangan terjebak pada kegiatan yang hanya banyak dihabiskan dengan duduk di belakang meja saja, karena berjalan kaki bahkan hanya dengan waktu 15 menit saja bisa membuat banyak perubahan pada mood serta tubuh Anda.

Beberapa perubahan setelah berjalan-jalan santai 15 menit, antara lain:

1. Merubah mood
Ketika Anda tiba-tiba saja lupa password email, lupa meletakkan kunci kendaraan, atau merasa mood Anda kacau, obat sederhana yaitu berjalan 15 menit bisa Anda lakukan. 

Menurut studi yang dipublikasikan lewat the Archives of Internal Medicine, penderita stres yang berjalan kaki menunjukkan peningkatan dalam diri mereka dibandingkan dengan mereka yang memakai obat-obatan anti-depresi. 

Faktanya, 60-70 persen subjek malah tidak terdeteksi lagi mengalami stres dan depresi setelah berjalan santai selama sekurangnya 15 menit setiap hari. Diikuti lagi dengan mood yang baik karena berjalan kaki, hasilnya lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengobatinya dengan obat-obatan.



(Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki)

2. Mengasah kreatifitas
Tiba-tiba ide Anda buntu? Cobalah untuk berjalan selama kurang lebih 15 menit mengelilingi komplek rumah atau blok gedung kantor Anda. Studi terbaru dari Frontiers dalam Neuroscience menemukan bahwa berjalan meningkatkan baik konvergensi (pikiran pusat) maupun divergensi (pikiran sebaran lainnya), kedua tipe pemikiran ini dapat mempertajam kreativitas Anda. 

3. Memperpanjang usia
Ingin usia lebih panjang lagi, saran para peneliti Anda bisa memulainya dengan cara sederhana yaitu berjalan kaki selama kira-kira 15 menit. Dalam penelitian lainnya menunjukkan Anda bisa memperpanjang 7 hingga 10 tahun usia hidup Anda dengan olahraga setiap hari, selain itu bisa memangkas berat tubuh Anda juga.

Selain Anda akan merasa lebih bahagia, studi lainnya juga memaparkan bahwa merasa bahagia dari hormon yang keluar setelah Anda berolahraga bisa memperpanjang usia Anda.











(TIN)