Waktu Paling Tidak Produktif dalam Sehari

Raka Lestari    •    Rabu, 15 Nov 2017 15:29 WIB
Waktu Paling Tidak Produktif dalam Sehari
Studi telah menunjukkan adanya penurunan kognisi, peningkatan rasa lelah selama 24 jam yang terjadi pada waktu-waktu dari sekitar tengah malam sampai pukul 6 pagi. (Foto: Til Jentzsch/Unsplash.com)

Jakarta: Pada 2016 lalu, sebuah survei yang dilakukan oleh Get More Vitamin Drinks menyatakan bahwa pada pukul 2.22 siang adalah waktu yang tepat bagi para pekerja dan menganggap bahwa saat tersebut merupakan waktu yang paling tidak produktif. 

Dengan memberikan beberapa sampel kecil, penelitian tersebut menyebutkan bahwa Anda mungkin tidak perlu mendapatkan lebih banyak minuman bervitamin pada pukul 2.22 siang setiap harinya. Hasil penelitian tersebut merupakan fenomena nyata yang perlu diatasi. 

(Baca juga: Ini Penyebab Perbedaan Waktu Produktif Saat Bekerja)


(Dalam penelitian ditemukan bahwa pukul  2.22 siang adalah waktu yang paling tak produktif. Annie Spratt/Unsplash.com)

"Mungkin yang dimaksudkan adalah waktu bersantai setelah makan siang, meskipun Anda tidak benar-benar makan siang," ujar Fred W. Turek, direktur Center for Sleep and Circadian Biology di Northwestern University kepada Huffington Post, mengacu pada waktu paling tidak produktif sepanjang hari.

"Studi telah menunjukkan adanya penurunan kognisi, peningkatan rasa lelah selama 24 jam yang terjadi pada waktu-waktu dari sekitar tengah malam sampai pukul 6 pagi dan kadang juga terjadi pada periode dari sekitar pukul 1 siang sampai jam 4 sore," ujar Fred. 

Jadi, sebaiknya Anda bisa mengambil waktu istirahat pada saat-saat tersebut, yaitu setelah waktu makan siang. Lakukanlah hal-hal yang produktif, misalnya saja tidur siang. 









(TIN)