Kurangi Gejala Sakit Kepala dengan Makanan Ini

   •    Selasa, 09 Jan 2018 12:40 WIB
tips kesehatan
Kurangi Gejala Sakit Kepala dengan Makanan Ini
Ilustrasi. (Shutterstock)

Jakarta: Sakit kepala hampir pernah dialami oleh semua orang. Umumnya orang akan mengonsumsi obat sakit kepala ringan dan dilanjutkan dengan istirahat untuk membantu meringankan gejala sakit kepala.

Beberapa orang juga percaya dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu dapat menghilangkan sakit kepala. Misalnya kopi, air putih, pisang, atau kentang. Tapi benarkah demikian?

"Tidak ada makanan tertentu tapi beberapa orang memang sering mengonsumsi kopi untuk mengurangi gejala sakit kepala," ungkap dokter Spesialis Saraf Yusak Mangara Tua Siahaan, dalam Metro I-Care, Minggu 7 Januari 2018.

Yusak mengonfirmasi bahwa minuman seperti kopi atau air putih, pun dengan pisang atau kentang sebenarnya tidak secara langsung dapat mengilangkan rasa nyeri di kepala.

Dilihat dari kandungannya, kopi memang mengandung kafein yang juga terdapat dalam obat penghilang rasa nyeri seperti paracetamol. Kandungan kafein ini memang dapat meringankan gejala sakit kepala.

Namun harus diingat bahwa dosis kopi yang dianjurkan sebagai peringan sakit kepala hanya satu cangkir dengan sedikit gula.

"Sering kali salahnya mencampur kopi dengan gula yang berlebihan. Kalau hanya minum kopi biasa, ringan, tidak banyak gula, sehari sekali cukup untuk tubuh," kata Yusak.

Selain kopi, air putih juga disebut bisa meredakan sakit kepala. Namun Yusak membantahnya. Menurut dia, air putih tidak secara langsung mengurangi melainkan merelaksasi otot-otot yang kencang pada penderita sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot.

Pun saat dehidrasi yang menuntut seseorang untuk minum lebih banyak untuk mengganti cairan yang hilang. Menurut Yusak, air putih dapat memberi rasa nyaman sehingga ketika dehidrasi mulai hilang, gejala sakit kepala pun akan mengikutinya.

"Jadi bukan air putihnya yang membuat sakit kepala hilang," katanya.

Khusus untuk pisang dan kentang yang mengandung kalsium dan magnesium, ia mengatakan juga tidak secara langsung menghilangkan sakit kepala. Rasa enak dari pisang atau kentang pada orang yang sakit kepala akan mengurangi ketegangan otot yang secara tidak langsung mengurangi sakit kepala.




(MEL)